Satgas Minta Jamaah Lakukan Tes dan Karantina Sepulang Umroh

Kamis , 05 Nov 2020, 22:56 WIB Reporter :Dessy Suciati Saputri/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Satgas Minta Jamaah Lakukan Tes dan Karantina Sepulang Umroh (ilustrasi)
Satgas Minta Jamaah Lakukan Tes dan Karantina Sepulang Umroh (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA –- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta seluruh jamaah yang kembali beribadah dari Tanah Suci untuk melakukan testing atau pemeriksaaan Covid serta karantina. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penularan Covid setelah kembali dari perjalanan di luar negeri.

 

Terkait

“Kami mengimbau semua jamaah yang kembali ke Indonesia agar perlu menjalani testing dan juga karantina selayaknya pelaku perjalanan dari luar negeri untuk meminimalisir penularan,” kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Kamis (5/11).

Wiku mengatakan, potensi penularan Covid tak bisa dikesampingkan selama jamaah menjalani ibadah umroh di Tanah Suci. Penularan Covid, kata dia, dapat dicegah jika jamaah disiplin menjalankan protokol kesehatan dan juga arahan petugas umroh di lapangan.

“Kita harus ingat bahwa penerapan protokol kesehatan dapat secara efektif menurunkan risiko penularan Covid,” ujarnya.  

Wiku mengatakan, kembali dibukanya ibadah umroh di Tanah Suci membuktikan kemampuan masyarakat untuk beradaptasi dengan pandemi Covid. Ia pun meminta masyarakat yang hendak berangkat ke Tanah Suci menjalankan ibadah umroh agar memahami peraturan penyelenggaraan perjalanan ibadah umroh di masa pandemi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini