Jumat 06 Nov 2020 12:52 WIB

Kesan Jamaah Umroh Indonesia Perdana di Masa Pandemi

Umroh kali ini lebih berharga karena dilakukan pada masa pandemi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Esthi Maharani
Jamaah umroh perdana di masa pandemi Covid-19 dari Indonesia dan Arab Saudi tiba di Bandara Jeddah, Ahad (1/11).
Foto: SPA
Jamaah umroh perdana di masa pandemi Covid-19 dari Indonesia dan Arab Saudi tiba di Bandara Jeddah, Ahad (1/11).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH  -- Jamaah umroh Indonesia perdana tiba di Arab Saudi pekan ini. Salah satu jamaah asal Indonesia, Budi Firmansyah bersyukur bisa berangkat ibadah.

“Saya merasa seperti saya salah satu yang terpilih, mengingat batasan yang ditetapkan karena pandemi. Rasanya seperti mengalami pencerahan yang mendalam, ” kata Budi Firmansyah yang tiba di Makkah pada Selasa bersama rombongan dari Perhimpunan Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (AMPHURI).

Firmansyah awalnya akan memimpin sekelompok jemaah pada 29 Februari, tetapi pembatasan akibat virus corona menyebabkan perjalanan itu dibatalkan.

"Umroh kali ini lebih berharga dibandingkan dengan pertama kali saya tiba di Makkah pada awal 1990-an," katanya kepada Arab News melalui telepon pada Kamis (5/11).

“Saya sangat kagum saat itu, tapi kali ini saya lebih kagum. Ini akan menjadi momen terbaik untuk melakukan ritual," tambahnya.

Saudi memutuskan untuk melonggarkan larangan umroh pada awal tahun ini untuk mencegah penyebaran virus corona. Kini jamaah umrah dari seluruh dunia diizinkan untuk melakukan ritual dan mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah dalam kondisi ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement