Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

Saturday, 11 Syawwal 1445 / 20 April 2024

MPR Minta KPU-Kemendagri Sinergi Percepat Perekaman E-KTP

Jumat 06 Nov 2020 21:35 WIB

Red: Gita Amanda

Warga menunjukkan KTP elektronik yang dibuat dengan layanan drive thru, (ilustrasi).

Warga menunjukkan KTP elektronik yang dibuat dengan layanan drive thru, (ilustrasi).

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Bamsoet meminta KPU bersama Disdukcapil fokus memonitor perekaman e-KTP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR, Bambang Soesatyo, meminta KPU bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri segera mempercepat perekaman KTP elektronik dengan menggerakkan para ASN dari 445 Dinas Dukcapil kabupaten/kota di 34 provinsi.

"Langkah itu untuk melakukan jemput bola melayani kebutuhan dokumen kependudukan masyarakat, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaannya," kata dia, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (6/11).

Ia menyatakan itu karena masih belum dituntaskannya temuan KPU mengenai 2,7 juta dari 100 juta warga yang masuk dalam DPT Pilkada 2020 namun belum memiliki KTP elektronik ataupun surat keterangan.

Ia juga mendorong KPU bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk terus berfokus memonitor perekaman KTP elektronik di tiap kecamatan, mengingat waktu pelaksanaan pemungutan suara untuk Pilkada 2020 tinggal satu bulan lagi.

"Saya juga mengimbau masyarakat untuk segera mendatangi Kantor Kecamatan atau Kelurahan untuk melakukan perekaman identitas kependudukan agar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2020 yang akan diselenggarakan pada 9 Desember," ujarnya.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler