Sabtu 07 Nov 2020 19:13 WIB

Dahsyatnya Siksa Kubur, Hewan Hidup pun Bisa Merasakannya

Hewan yang masih hidup bisa merasakan dahsyatnya siksa kubur.

Rep: Syalaby Ichsan/ Red: Nashih Nashrullah
Hewan yang masih hidup bisa merasakan dahsyatnya siksa kubur. Ilustrasi alam kubur
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Hewan yang masih hidup bisa merasakan dahsyatnya siksa kubur. Ilustrasi alam kubur

REPUBLIKA.CO.ID, Ternyata siksa kubur pun berlaku bagi Muslim yang selama masa hidupnya berbuat maksiat dan tidak segera meminta ampunan. 

Dalam kitab Aqidah at-Thahawiyah, Imam Ath-Thahawy menyebutkan, dari Ibnu Mas'ud, Nabi SAW bersabda: 

Baca Juga

عن عمر بن شرحبيل قال: مات رجل يرون أن عنده درعا فأتي في قبره فقيل: انا جالدوك مئة جلدة من عذاب الله، فقال: فيم تجلدوني، قد كنت أتوقى وأتورّع؟ قيل: خمسون، فلم يزالون يناقصون حتى صار الى جلدة فجلد فالتهب القبر عليه نارا ثم أعيد فقال: فيم جلدتموني؟ قالوا: صليت يوما على غير وضوء، ومررت بمظلوم يستغيث فلم تغثه

Seorang hamba dari hamba-hamba Allah diperintahkan disiksa dikuburnya dengan 100 deraan. Dia terus memohon kepada Allah dan berdoa kepada-Nya hingga deraan itu hanya sekali saja. Kuburnya pun dipenuhi dengan api.

 

Ketika dia terbebas dari siksaannya dan sadar, dia bertanya, "Mengapa kalian menjatuhkan hukuman dera kepadaku? Para malaikat menjawab, "Karena engkau sholat tanpa bersuci terlebih dahulu dan engkau melewati orang yang dizalimi dan engkau tidak menolongnya."

Dalam riwayat lain yang tertulis pada HR Bukhari dan Muslim bersumber dari Ibnu Abbas disebutkan: 

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: ((مرّ النبي صلى الله عليه وسلم على قبرين، فقال: إنهما ليعذبان وما يعذبان في كبير، ثم قال: بلى، أمّا أحدهما فكان يسعى بالنميمة، وأما الآخر فكان لا يستتر من بوله، ثم قال: ثم أخذ عوداً رطباً فكسره باثنتين، ثم غرز كل واحد منهما على قبر، ثم قال: لعله يخفف عنهما، ما لم ييبسا))

Nabi SAW melewati dua kuburan. Dia pun bersabda, "Sesungguhnya dua orang yang dikubur ini benar-benar disiksa. Keduanya tidak disiksa karena dosa besar. Yang seorang (disiksa) karena tidak membersihkan setelah buang air kecil. Satunya lagi (disiksa) karena menyebarkan adu domba."

Nabi SAW pun meminta pelepah daun kurma yang belum kering dan membelahnya menjadi dua. Dia bersabda, "Siapa tahu pelepah daun ini meringankan siksa keduanya selagi ia belum mengering."

Sungguh dahsyat siksa kubur itu sampai-sampai hewan bisa mendengar orang yang sedang disiksa.

Ibnu Qayyim menulis bahwa sebagian ulama berkata, beberapa kelompok orang di Mesir dan Syam pergi membawa hewan ternak mereka ke kuburan orang Yahudi, Nasrani, dan orang munafik saat hewan-hewannya mengalami sakit perut. Jika kuda itu mendengar siksa kubur, ia akan meringkik karena merasakan panas. Sakit perutnya pun bisa sembuh.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement