Senin 09 Nov 2020 10:59 WIB

Penyuplai Makanan Halal Olimpiade Hadapi Ketidakpastian

Penyuplai makanan halal untuk Olimpiade Tokyo 2020 mengalami ketidakpastian.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Orang-orang yang memakai masker wajah untuk melindungi dari penyebaran virus corona berjalan di depan jam hitung mundur menuju Olimpiade Tokyo di Tokyo, Selasa, 27 Oktober 2020.
Foto: AP/Koji Sasahara
Orang-orang yang memakai masker wajah untuk melindungi dari penyebaran virus corona berjalan di depan jam hitung mundur menuju Olimpiade Tokyo di Tokyo, Selasa, 27 Oktober 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Penyuplai makanan halal untuk Olimpiade Tokyo 2020 mengalami ketidakpastian. Hal ini disampaikan salah satu pejabat terkemuka yang menjadi bagian dari pemasok utama makanan halal untuk ajang olahraga tersebut.

Sebelumnya, diketahui kegiatan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda karena menyebarnya pandemi Covid-19. Terbaru, muncul anggapan makanan halal tidak diperlukan mengingat saran ditiadakannya penonton untuk acara ini.

Direktur Pelaksana Flavour Innovation Sdn Bhd (FISB) yang berbasis di Malaysia, Ahmad Husaini Hassan, mengatakan, peran perusahaan dalam Olimpiade tidak pasti. Perusahaan ini menjual produknya dengan merek MyChef.

Dilansir di Inside The Games, Senin (9/11), FISB telah mencapai kesepakatan dengan operator makanan dan minuman Tokyo 2020 untuk menyediakan makanan halal di kawasan atlet. Tak hanya itu, mereka juga ditunjuk untuk menghadirkan makanan halal bagi penonton Muslim yang hadir.

Hassan telah menyuarakan keprihatinan atas kurangnya makanan halal di Olimpiade. Di luar itu, ia juga merasa khawatir acara itu kemungkinan harus diadakan secara tertutup karena pandemi virus Covid-19.

Makanan dan minuman merupakan salah satu area di mana penyelenggara dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) ingin memangkas biaya. Pejabat dari Tokyo 2020 dan IOC telah bersikeras para penggemar olahraga dimasukkan dalam rencana untuk kegiatan yang diatur ulang tersebut.

"Kami tidak menaruh harapan pada saat ini karena belum ada angka perkiraan untuk Olimpiade. Bahkan jika Olimpiade diadakan tahun depan, kita bisa memperkirakan pesertanya lebih sedikit," kata Hassan.

Selanjutnya, ia menyebut kemungkinan para atlet akhirnya menyiapkan makanan sendiri. Sedangkan untuk penonton, jika nantinya ditiadakan, maka tidak ada gunanya menyediakan makanan halal.

"Ini menimbulkan kekhawatiran, apakah pemasok makanan halal Malaysia bisa masuk dalam rencana kegiatan yang baru ini," lanjutnya.

Menurut Malaysian Reserve, FISB mengharapkan dapat melayani antara 5.000 dan 6.000 orang per hari, di Olimpiade Tokyo 2020. Tokyo 2020 dan IOC mengeklaim serangkaian tindakan penyederhanaan untuk Olimpiade tahun depan akan menghemat 280 juta dolar AS atau Rp 3,9 triliun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement