Senin 09 Nov 2020 11:52 WIB

Travel Diminta Lebih Ketat Terima PCR Jamaah Umroh

PPIU diminta agar lebih ketat dalam menerima hasil tes swab PCR para jamaah umroh

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
Petugas tour n travel membagikan visa kepada calon jamaah umroh di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, Banten, Ahad (1/11).
Foto: Prayogi/Republika
Petugas tour n travel membagikan visa kepada calon jamaah umroh di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, Banten, Ahad (1/11).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tiga jamaah umroh dinyatakan positif covid-19. Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily  menduga adanya tiga jamaah umroh yang positif tersebut lantaran menggunakan tes PCR yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Untuk itu, PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) atau travel agar lebih ketat dalam menerima hasil tes swab PCR para jamaah umroh itu," kata Ace kepada Republika, Senin (9/11).

Ia menyarankan agar sebaiknya para calon jamaah umroh Indonesia melakukan uji swab di Rumah Sakit (RS) atau laboratorium yang memang sudah memiliki kreadibilitas dan terpercaya. Selain itu, ia juga berharap para jamaah dapat berkoordinasi dengan PPIU atau travel terkait lokasi PCR yang disarankan.

"RS, klinik atau laboratorium ini harus terdaftar berdasarkan atas assesment dari Kementerian Kesehatan RI. Dengan demikian, hasil swab Covid-19 betul-betul terpercaya. Hal ini dilakukan agar para calon jamaah ini betul-betul negatif Covid-19," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu akan mengusulkan untuk membahas penyelenggaraan ibadah umroh di era pandemi ini dalam Rapat Komisi VIII di masa sidang ini. "Kementerian Agama sendiri telah mengeluarkan KMA (Keputusan Menteri Agama) dan kami akan membahas bagaimana pelaksanaannya saat ini," ucapnya.

Sebelumnya Komisi Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali membenarkan kabar jamaah umroh Indonesia yang dinyatakan positif covid-19. Menurut Endang, ada tiga orang jemaah yang memiliki hasil tes positif setelah dilakukan swab ulang di Arab Saudi

"Iya memang betul ada terdeteksi tiga jamaah, kemungkinan pada saat di Indonesia symptoms belum muncul," kata Endang saat dikonfirmasi dalam pesan tertulis, Kamis (5/11).

Terhadap tiga jamaah Indonesia yang positif ini, telah dilakukan isolasi terpisah dari jamaah lainnya sebagaimana ketentuan edaran Kemenhaj Arab Saudi. Mereka akan diizinkan melakukan umrah apabila hasil swab selanjutnya menunjukkan negatif virus corona.

"Yang bersangkutan akan dilakukan test ulang setelah tiga hari mendatang kemudian melakukan umroh jika sudah negatif," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement