Senin 09 Nov 2020 15:12 WIB

Pengamat: Biden akan Buat RI Jadi Mitra Terdekat AS

AS dinilai membutuhkan Indonesia untuk menghadapi agresifitas China.

 Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden.
Foto: EPA-EFE/ANDREW HARNIK
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat militer Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia Beni Sukadis berpendapat terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) akan membuat Indonesia menjadi mitra terdekat AS dalam menghadapi China. Beijing selama ini dinilai agresif di wilayah Laut China Selatan yang dipersengketakan.

"AS menganggap Indonesia sebagai mitra terdekat di Asia Tenggara untuk menghadapi agresivitas China di Laut China Selatan (LCS). Sehingga sangat mungkin Indonesia menjadi mitra keamanan terdekat selain dengan Singapura, Vietnam dan Filipina," kata Beni, di Jakarta, Senin.

Kendati demikian, lanjut dia, terpilih Biden sebagai Presiden AS tidak akan berpengaruh banyak terhadap pertahanan Indonesia. Dia menyebutkan, hubungan militer antara Indonesia dengan AS merupakan yang terbesar jika dibandingkan antara Indonesia dengan negara lain.

Berdasarkan catatan pada 2018-2019, setidaknya ada hampir 200 kegiatan per tahun terkait kerja sama pertahanan antara AS dengan Indonesia."Ini artinya kerja sama di bidang alat utama sistem persenjataan dan peningkatan kapasitas militer kita akan tetap seperti yang sudah ada," ucap Beni menjelaskan.

Terkait persoalan HAM sendiri, kata dia, kemungkinan akan diangkat dalam masa pemerintahan Biden. Namun isu HAM bukan menjadi hal yang utama. "Karena yang galak sebenarnya Kongres AS, bukan eksekutif. Kita harus lihat juga siapa Security of State AS yang akan dipilih Biden," ucap dia.

Tetapi, dalam beberapa waktu ke depan pemerintah AS masih akan berkonsentrasi pada persoalan Covid-19 di dalam negerinya. Adapun isu politik luar negeri, Paman Sam tetap fokus di Laut China Selatan (LCS), nuklir Korea, dan multilateralisme.

Seperti dilaporkan sebelumnya, setelah empat hari, kandidat partai Demokrat Joe Biden memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat pada Sabtu (7/11).

Kepastian itu diperoleh setelah Biden merebut Pennsylvania dan Nevada sehingga total sementara perolehan suara elektoral bagi Biden adalah 290 suara elektoral atau 20 suara elektoral lebih banyak dari batas 270 suara elektoral agar memenangkan pemilihan presiden AS tahun ini.

Biden yang akan menjadi presiden AS ke-46 itu masih bisa menambah 16 suara elektoral dari Georgia dan tengah membuntuti Trump di North Carolina yang memiliki 15 suara elektoral.

Biden bersama Kamala Harris juga unggul baik dalam suara elektoral maupun popular vote setelah melampaui Trump dalam jumlah popular vote, 75 juta suara berbanding 70,6 juta suara.

Sementara itu, Presiden Donald Trump mengatakan pada Sabtu(7/11) , pihaknya akan mulai mengajukan kasus sengketa hasil pemilu AS di pengadilan pekan depan, setelah sejumlah media melaporkan kemenangan Biden. Ia menyebut pemilihan presiden ini sama sekali belum selesai. Pasangan Biden-Harris dijadwalkan dilantik pada 20 Januari 2021. Mereka akan memimpin AS hingga 2025.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement