Selasa 10 Nov 2020 05:53 WIB

Ini Target Sumbar di MTQ Nasional.

Gubernur Sumbar membuat target MTQ.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Ini Target Sumbar di MTQ Nasional. Foto: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Foto: Republika/Febrian Fachri
Ini Target Sumbar di MTQ Nasional. Foto: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno

IHRAM.CO.ID, PADANG--Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno berharap kafilah Sumbar yang akan jadi peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-XXVIII mampu keluar sebagai juara umum. Bila tidak menurut dia, Sumbar minimal dapat mengunci posisi di peringkat 5 besar.

Kita targetkan minimal bisa masuk lima besar. Kalau bisa juara umum, itu mau kita semua. Insya Allah, tercapai tergantung usaha kita selama ini," kata Irwan Prayitno di Hotel Pangeran City, Padang, Senin (9/11).

Baca Juga

Gubernur Sumbar hari ini melepas 54 kafilah yang akan mewakili tuan rumah di MTQ yang akan digelar di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. MTQ 2020  akan berlangsung sejak Kamis (12/11) hingga Sabtu (21/11).

Irwan mengatakan semua persiapan daari ke 54 kafilah Sumbar sudah matang. Mulai dari pelatihan sampai persiapan mental peserta. Gubernur menekankan kepada kafilah Sumbar agar terus menjaga kekompakan antara pelatih dengan peserta.

Selain percaya diri dengan persiapan yang telah dilakukan, Irwan juga meminta kafilah Sumbar giat berdoa, ikhtiar menjaga kesehatan. Supaya saat lomba berlangsung, tidak ada kafilah Sumbar yang gugup. Grogi menurut dia akan memberi efek buruk karena penampilan jadi tidak maksimal.

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumbar telah menyiapkan peserta atau kafilah Sumbar sejak setahun lalu. Durasi satu tahun menurut dia sudah cukup dalam membina skill dan mental para kafilah.

"Karena ini menyangkut harga diri dan marwahnya Minangkabau yang memiliki filosafi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, mari kita jaga bersama," ucap Irwan.

MTQ XXVIII Sumbar akan dilaksanakan di dua daerah yakni Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. MTQ kali ini akan diikuti 1.476 peserta dari 32 provinsi. MTQ Nasional XXVIII mengangkat tema 'MTQ Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul, Profesional dan Qur’ani untuk Indonesia Maju'

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri berharap kafilah Sumbar bisa sukses dan berhasil mengikuti MTQ tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2020 bisa meraih prestasi yang membanggakan.

Hendri ingin 54 kafilah yang akan mewakili Sumbar menyadari bahwa mereka kini jadi tumpuan Sumbar di ajang MTQ. Di mana ada banyak anak-anak muda Sumbar lainnya yang juga ingin tampil di ajang dua tahunan ini.

"Selamat, bagi anak-anak kami semua yang terpilih, karena memang orang pilihan, istimewa, dari sekian banyak orang yang ingin mengikuti dan menjadi kafilah, maka pilihan jatuh pada ananda semua. Ini harus ditunjukkan ke masyarakat Sumbar, kita bisa membanggakan dan mengharumkan Sumbar," ucap Hendri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement