Rabu 11 Nov 2020 06:33 WIB

AP II Perbaiki Fasilitas Bandara Soekarno-Hatta yang Rusak

AP II masih melakukan inventarisasi lanjutan fasilitas yang rusak.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Petugas membersihkan puing fasilitas yang rusak di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Pasca penyambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS), sejumlah fasilitas mengalami kerusakan akibat massa yang berdesakan di kawasan tersebut.
Foto: ANTARA/Fauzan
Petugas membersihkan puing fasilitas yang rusak di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Pasca penyambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS), sejumlah fasilitas mengalami kerusakan akibat massa yang berdesakan di kawasan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah dipadati massa yang menyambut kepulangan Habib Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kemarin (10/11), PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memperbaiki sejumlah fasilitas bandara. Dengan begitu, fasilitas yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dapat digunakan kembali oleh penumpang. 

"Seluruh fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta seperti kursi dan lainnya khususnya yang berada di area kedatangan internasional saat ini dapat digunakan oleh penumpanh maupun pengunjung bandara setelah dilakukan perbaikan dengan cepat tidak lebih dari satu jam," kata VP of Corporate Communication AP II Yado Yarismano dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (10/11) malam. 

Baca Juga

Meskipun begitu, Yado memastikan AP II masih melakukan inventarisasi lanjutan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui fasilitas-fasilitas lain yang perlu diperbaiki sebagai dampak dari ramainya pengunjung di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

photo
Petugas membersihkan puing fasilitas yang rusak di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Pasca penyambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS), sejumlah fasilitas mengalami kerusakan akibat massa yang berdesakan di kawasan tersebut. - (ANTARA/Fauzan)

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, massa mulai memadati Bandara Soekarno-Hatta sejak pukul 06.00 WIB pada Selasa (10/11). Pengunjung mulai ramai datang ke Bandara Soekarno-Hatta untuk menjemput Habib Rizieq Syihab yang mendarat sekitar pukul 09.00 WIB di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dari Jeddah menggunakan maskapai Saudia SV 816. 

Agus menuturkan, pengunjung mulai berangsung-angsur meninggalkan bandara sejak pukul 10.00 WIB. Agus mengatakan, pengelola bandara sudah melakukan langkah antisipasi dilakukan sejak Senin (9/11) sehingga penanganan keramaian pengunjung dapat dilakukan dengan cepat.

Dia menambahkan, kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta terjadi pada rentang pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB atau sekitar tiga jam, Sementara itu kemacetan akses menuju bandara dari gerbang Tol Cengkareng terpantau mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. 

photo
Sejumlah tanaman di terminal Bandara Soekarno-Hatta rusak akibat terinjak-injak massa penjemput Habib Rizieq, Selasa (10/11). - (Eva Rianti)

Agus memastikan, penanganan keramaian di bandara dilakukan cepat oleh seluruh stakeholders Bandara Soekarno-Hatta. Beberapa diantaranya dilakukan oleh AP II, TNI, Polres Bandara Soekarno-Hatta, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan, imigrasi, bea dan cukai, pihak ground handling, maskapai dan pihak lainnya. 

"Sejak pukul 10.00 WIB, penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11) mulai normal," tutur Agus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement