Jumat 13 Nov 2020 17:23 WIB

BTN dan Telkom Fasilitasi Layanan Internet Bagi UMKM

Layanan ini akan jadi contoh upaya peningkatan ekonomi desa.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Warga memanfaatkan akses internet gratis (ilustrasi). PT Bank BTN (Persero) Tbk bersama PT Telkom (Persero) Tbk memberi layanan internet gratis bagi 30 desa di Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Warga memanfaatkan akses internet gratis (ilustrasi). PT Bank BTN (Persero) Tbk bersama PT Telkom (Persero) Tbk memberi layanan internet gratis bagi 30 desa di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memberikan bantuan berupa layanan internet gratis bagi 30 desa di Jawa Barat. Adapun bantuan internet gratis bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk menjual produknya secara online. 

Bantuan tersebut bakal menjadi proyek percontohan untuk diterapkan di seluruh Kantor Wilayah BTN dalam rangka mendukung program percepatan peningkatan ekonomi desa.

Baca Juga

Sekretaris Perusahaan BTN Ari Kurniaman mengatakan, pada masa pandemi ini, mayoritas aktivitas keluarga dilakukan dari rumah dan membutuhkan jaringan internet. "Kami berharap layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan dan mendukung proses belajar mengajar hingga kegiatan ekonomi sehingga meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat desa," ujar Ari dalam keterangan resmi, Jumat (13/11).

Ari melanjutkan, beberapa desa seperti Desa Rancaekek Weta, Desa Ciporeat, Desa Padalarang, dan Desa Jingkang Tanjung Medan telah menikmati layanan internet gratis sejak akhir Oktober lalu. 

Penyediaan internet gratis tersebut, ungkap Ari, juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Sebab dampak ekonomi yang disebabkan pandemi membuat semakin banyak warga perkotaan yang kembali ke desa.

Penyediaan internet gratis juga sejalan dengan program membangun desa yang gencar dilakukan pemerintah daerah Jawa Barat. "Momentum ini dapat dijadikan untuk memacu ekonomi desa sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

Pada tahun ini, BTN menetapkan empat fokus utama dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungannya. Keempat fokus tersebut yakni fokus terhadap bidang kesehatan, fokus terkait sarana dan prasarana di perumahan subsidi, fokus mendukung inklusi keuangan, dan fokus terhadap pengembangan developer muda. 

"Dengan empat fokus tersebut, diharapkan BTN dapat lebih optimal dalam memberikan kontribusi bagi Indonesia," kata Ari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement