29 Ramadhan 1442

Ini 12 Arena untuk Perlombaan MTQ Nasional XXVIII di Sumbar

Sabtu , 14 Nov 2020, 12:39 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
 MTQ secara resmi akan dibuka Presiden Joko Widodo melalui virtual. Pekerja memasang panggung di Masjid Raya Sumbar yang merupakan venue utama Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-28 di Padang, Sumatera Barat, Kamis (5/11/2020). Perhelatan MTQ Nasional ke-28 akan dibuka pada 14 November 2020 dan diikuti 1.500- an kafilah itu akan menggunakan 12 venue di Kota Padang.
MTQ secara resmi akan dibuka Presiden Joko Widodo melalui virtual. Pekerja memasang panggung di Masjid Raya Sumbar yang merupakan venue utama Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-28 di Padang, Sumatera Barat, Kamis (5/11/2020). Perhelatan MTQ Nasional ke-28 akan dibuka pada 14 November 2020 dan diikuti 1.500- an kafilah itu akan menggunakan 12 venue di Kota Padang.

IHRAM.CO.ID,PADANG -- Pelaksanaan MTQ Nasional ke XXVIII tahun 2020 di Sumatera Barat dimulai. Helatan dua tahunan ini digelar di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman sejak 12 November 2020 sampai 21 November 2020.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Rakyat (Bintal dan Kesra) Sumatera Barat Syaifullah mengatakan panitia menyiapkan lokasi pembukaan dan penutupan serta 12 lokasi yang akan menjadi arena perlombaan MTQ 2020 ini.

"Kita menyiapkan 12 arena yang tersebar di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman untuk 8 cabang yang akan diperlombakan. Kemudian masing-masing satu arena untuk pembukaan dan penutupan," kata Syaifullah, kepada Republika.co.id baru-baru ini.

Untuk pembukaan akan dilaksanakan di Main Stadium di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman hari ini, Sabtu (14/11). Jarak lokasi ini lebih kurang 30 kilometer dari pusat Kota Padang. Pembukaan akan dihadiri Menteri Agama RI Fachrul Razi. Meski demikian, MTQ secara resmi akan dibuka Presiden Joko Widodo melalui virtual. Sedangkan penutupan akan digelar di Masjid Raya Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang.'

Untuk perlombaan, ada 12 arena yang semuanya terletak di Kota Padang. pertama di Masdjid Raya Sumbar untuk perlombaan cabang tilawah dewasa dan qira'at saba'ah mujawwad. Kedua Gedung Rohana Kudus untuk cabang taril Alquran dan tilawah cacat netra. Kemudian ketiga Masjid El Hakim di Pantai Muaro Padang untuk cabang tilawah anak-anak dan cabang tilawah remaja. Ke empat Masjid Nurul Iman di Kota Padang untuk perlombaan cabang qira'at saba'ah murattal remaja dan qira'at saba'ah murattal dewasa.

Arena ke lima adalah Auditorium Universitas Baiturrahmah untuk cabang hifzil 1 juz tilawah dan cabang hifzil 10 juz. Ke enam Gelanggang Olahraga Universitas Negeri Padang untuk perlombaan cabang kaligrafi kategori naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer.

Ketujuh adalah Auditorium Universitas Negeri Padang untuk perlombaan cabang Fahmil Alquran. Ke delapan Masjid Darul Hujjaj di UPT Asrama Haji untuk perlombaan cabang hifzil Alquran 5 juz tilawah dan hifzil Alquran 20 juz.

Ke sembilan, Hospitality Center Universitas Negeri Padang untuk arena perlombaan tafsir Bahasa Indonesia dan tafsir Bahasa Inggris. Ke sepuluh Aula Mansur Datuak Basa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang untuk perlombaan hifzil Alquran 30 juz dan tafsir Bahasa Arab. Sebelas Gedung Serba Guna UIN IB untuk perlombaan cabang syahril Alquran. Terakhir Aula PKM Universitas Andalas untuk perlombaan karya tulis ilmiah Alquran.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan MTQ salah satu agenda nasional yang dihelat di saat pandemi belum berakhir. Kamaruddin menyebut panitia meniadakan pawai ta'aruf. Pelaksanaan MTQN XXVIII tahun 2020 ini juga dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, seperti jaga jarak, mengenakan masker, juga wajib swab.

Protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 ini diterapkan di semua venue perlombaan, mulai daftar ulang, lokasi malam ta'aruf, upacara pembukaan di  stadion Nagari Sikabu, Padang Pariaman, di ke 12 venue perlombaan sampai di penginapan masing-masing kafilah.  

"Mari bersama-sama kita menjaga diri agar MTQ kali ini berjalan sukses dan tidak ada penularan covid-19," ujar Kamaruddin.

 

widget->kurs();?>