Sabtu 14 Nov 2020 21:44 WIB

Mesir Menemukan Harta Karun Lebih dari 100 Sarkofagus

Sarkofagus akan didistribusikan di antara beberapa museum di Mesir.

Mesir Menemukan Harta Karun Lebih dari 100 Sarkofagus (ilustrasi).
Foto: Jerusalem post
Mesir Menemukan Harta Karun Lebih dari 100 Sarkofagus (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,KAIRO -- Mesir pada Sabtu (14/11) mengumumkan penemuan harta karun kuno lebih dari 100 sarkofagus utuh, yang berasal lebih dari 2.500 tahun yang lalu, penemuan terbesar tahun ini. Peti mati kayu tersegel, yang dibuka di lokasi di tengah keriuhan meriah, adalah milik pejabat tinggi dari Periode Akhir dan periode Ptolemeus Mesir kuno.

Dilansir dari International Business Times, Sabtu (14/11), mereka ditemukan di tiga lubang penguburan di kedalaman 12 meter (40 kaki) di pekuburan Saqqara di selatan Kairo. Arkeolog membuka salah satu peti mati untuk mengungkapkan mumi yang dibungkus kain kafan yang dihiasi dengan gambar hieroglif berwarna cerah.

Saqqara, rumah bagi lebih dari selusin piramida, biara kuno, dan situs pemakaman hewan, adalah pekuburan yang luas di ibu kota Mesir kuno, Memphis, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Penemuan besar itu datang lebih dari sebulan setelah para arkeolog di daerah itu menemukan 59 peti mati kayu yang diawetkan dengan baik dan disegel, juga berasal dari lebih dari 2.500 tahun yang lalu.

"Saqqara belum mengungkapkan semua isinya. Itu adalah harta karun," kata Menteri Purbakala dan Pariwisata Khaled al-Anani pada upacara pembukaan.

"Penggalian masih berlangsung. Setiap kali kami mengosongkan batang sarkofagus, kami menemukan jalan masuk ke lubang lainnya."

Lebih dari 40 patung dewa kuno dan topeng penguburan juga ditemukan, katanya.

Dua patung kayu lainnya ditemukan di makam milik seorang hakim kuno dari dinasti ke-6, menurut Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Tertinggi.

Sarkofagus akan didistribusikan di antara beberapa museum di Mesir termasuk Museum Agung Mesir yang belum dibuka di dataran tinggi Giza. Menteri menghubungkan kesibukan penemuan di Saqqara dengan pekerjaan penggalian ekstensif dalam beberapa tahun terakhir.

Penemuan lain di pekuburan yang luas diharapkan akan diumumkan dalam beberapa minggu mendatang, Anani menambahkan. Arkeolog juga berharap dapat segera menemukan bengkel kuno untuk pembuatan peti mati kayu untuk mumi, kata Waziri.

Mesir berharap penemuan arkeologi akan memacu pariwisata, sektor yang telah mengalami banyak guncangan sejak pemberontakan tahun 2011 hingga pandemi virus corona hari ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement