Ahad 15 Nov 2020 06:18 WIB

Hentikan Sikap Saling Mencela

Sekjen MUI mengimbau umat tak saling mencela.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Hentikan Sikap Saling Mencela. Foto: Sekjen MUI Anwar Abbas.
Foto: darmawan / republika
Hentikan Sikap Saling Mencela. Foto: Sekjen MUI Anwar Abbas.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Masyarakat Indonesia untuk tidak saling mencela dalam kehidupan beragama dan berbangsa. Dia meminta agar masyarakat hidup saling menghormati.

“Hentikan dan jauhilah kegiatan cela-mencela,” ujar Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas kepada  dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Sabtu (14/11).

Baca Juga

Ketua PP Muhammadiyah ini menjelaskan, Indonesia adalah bangsa yang beragama dan berbudaya. Karena itu, dia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membangun dan mengembangkan jati diri sebagai bangsa yang menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai dari ajaran agama dan budaya.

“Jauhilah segala hal yang tidak sesuai dengan kedua sumber nilai itu, di antaranya yang sangat memprihatinkan kita akhi-akhir ini yaitu perbuatan cela mencela, hina menghina dan panggil memanggil dengan panggilan yang tidak disukai oleh yang dipanggil dan atau oleh orang lain,” ucap Anwar.

 

Menurut dia, hal itu sangat penting untuk diperhatikan dalam pergaulan dan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia bisa tetap terjaga. “Sehingga hidup dan kehidupan kita sebagai sebuah bangsa bisa berjalan dengan baik dalam suasana aman tentram dan damai,” katanya.

Karena itu, Anwar mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk selalu berusaha mengembangkan sikap saling menghormati dan saling menghargai di antara sesama.  

“Karena dengan itulah kita yakin hidup dan kehidupan di tengah-tengah pergaulan yang ada akan bisa terasa indah dan manis. Sehingga hal itu diharapkan akan bisa membuat bangsa ini menjadi bangsa yang kuat dan bersatu serta  produktif, bahagia dan maju,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement