Ahad 15 Nov 2020 20:10 WIB

MTQ Nasional, PBNU Harap Masyarakat Kian Cintai Alquran

PBNU berharap dari MTQ Nasional masyarakat kian cintai Alquran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
MTQ Nasional, PBNU Harap Masyarakat Kian Cintai Alquran. Foto ilustrasi; Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
MTQ Nasional, PBNU Harap Masyarakat Kian Cintai Alquran. Foto ilustrasi; Seorang qoriah tampil saat perlombaan cabang Qira

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Dakwah, KH Abdul Manan A Ghani berharap, dengan digelar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-28, masyarakat semakin mencintai Alquran. Dia mengatakan, Alquran harus dijadikan sebagai sumber moral bangsa Indonesia.

"Saya ucapakan selamat atas digelarnya MTQ ke-28 ini. Kami berharap tentu masyarkat dapat semakin mencintai Alquran, semakin mempelajari Alquran, dan mengamalkannya sehingga Alquran tidak hanya diperlombakan, tetapi juga menjadi nafasnya bangsa Indonesia dan menjadi sumber moral bangsa Indonesia," ujarnya kepada Republika, Ahad (15/11).

Baca Juga

Kiai Abdul Manan menjelaskan, Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang mulia dan akhlaknya sendiri adalah Alquran. Karena itu, seorang Muslim yang mengamalkan kandungan Alquran maka dengan sendirinya umat Muslim di Indonesia akan mempunyai akhlak yang baik.

"Jadi kalau Alquran itu diamalkan, kita orang Indonesia akan menjadi manusia yang beradab dan bermoral. Maka, pahami, pelajari, kaji, dan amalkan Alquran," kata dia.

Menteri Agama RI Fachrul Razi bersyukur Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII akhirnya telah resmi dibuka. Menag berterima kasih kepada segenap panitia dan peserta yang terlibat dalam kegiatan MTQ, yang kali ini pelaksanaannya harus berlangsung di tengah pandemi covid-19.

"MTQ nasional tahun 2020 ini meskipun dilaksanakan dalam kondisi penuh keprihatinan dan kewaspadaan, semoga tidak akan menghilangkan substansi dan nilai syiar dari pelaksanaan MTQ itu sendiri," kata Fachrul Razi saat pembukaan MTQ di Stadion Sikabu, Kabupaten Padang Pariaman.

MTQ Nasional XXVIII dibuka Presiden, Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara. Sementara Fachrul Razi ditemani Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan sejumlah pejabat dari provinsi lain hadir di Stadion Sikabu untuk upacara pembukaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement