Kemenag Balangan Sediakan Ruang Khusus Pendaftar Haji

Senin , 16 Nov 2020, 06:21 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
 Sejumlah calon jamaah haji  mengelilingi Ka
Sejumlah calon jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, mengeluarkan inovasi baru guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tengah pendaftar haji. Kali ini, mereka membuat ruangan terbuka bagi jamaah yang mendaftar haji.

 

Terkait

Kepala Kankemenag Balangan, Muhammad Yamani, mengatakan upaya ini dilakukan sebagai bentuk penguatan layanan dari pemerintah atas layanan penyelenggaraan haji

“Jamaah tidak berjejal di dalam, melainkan bisa menunggu di ruang terbuka. Letak ruang terbuka ini di antara aula dan ruang pelayanan penyelenggaraan haji di komplek perkantoran Kementerian Agama Kabupaten Balangan," katanya dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (16/11).

Saat menjadi narasumber kegiatan webinar Komunikasi Informasi Edukasi Virtual Advokasi Haji, ia menegaskan, langkah yang dilakukan di masa pandemi ini untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di antara sesama jemaah.

Webinar ini dihadiri peserta dari jamaah haji, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah (KBIHU), pemerintah daerah, penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA), tokoh masyarakat dan ormas Islam. Tak hanya itu, alumni petugas haji di Kabupaten Balangan juga hadir dan disiarkan secara langsung melalui //Facebook//.

"Bagi jamaah yang masih menunggu giliran daftar haji, dipersilahkan untuk menunggu di luar saja. Tidak kami biarkan masuk berkerumun di dalam,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga memaparkan aspek keberhasilan penyelenggaraa haji yang diterjadi di wilayahnya dengan berbagai indikasi.

Pertama, ia menyebut terjadi peningkatan keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah haji, meski kuota jamaah terbatas. Berikutnya, meningkatnya manajemen penyelenggaraan ibadah haji dan umrah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini