Senin 16 Nov 2020 09:01 WIB

Turki Tegaskan Bisa Hancurkan Aliansi Jahat di Mediterania

Ketegangan meningkat antara Turki dan Yunani di Mediterania Timur

Rep: Anadolu/ Red: Elba Damhuri
Hubungan Turki dan Yunani memanas di Laut Mediterania Timur.
Foto: Reuters/ABC/Anadolu
Hubungan Turki dan Yunani memanas di Laut Mediterania Timur.

IHRAM.CO.ID, ANKARA--Turki memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menghancurkan aliansi jahat di Laut Mediterania, kata Kementerian Luar Negeri Turki pada Senin.

Pernyataan otoritas Ankara muncul sebagai tanggapan atas pernyataan Kementerian Luar Negeri Yunani yang mendesak Turki untuk mengakhiri kegiatan energinya di Laut Mediterania

Mengutip sumber militer, beberapa media Yunani melaporkan bahwa tentara Yunani dalam keadaan siaga tinggi dan membatalkan cuti para tentara.

Guna memberikan kesempatan diplomasi dan merevitalisasi jalur-jalur dialog, Turki sempat menangguhkan kegiatan eksplorasi seismiknya di Mediterania.

Namun, Yunani tidak membalas sikap ramah Ankara itu dan malah menandatangani perjanjian pembatasan maritim yang kontroversial dengan Mesir awal pekan ini.

Dalam langkah selanjutnya, Turki pada Senin mengumumkan bahwa kapal penelitian seismiknya Oruc Reis kembali beroperasi di wilayah tersebut hingga 23 Agustus.

Turki juga memperingatkan pemain di wilayah tersebut agar tidak bertindak seperti "pemilik tunggal Mediterania".

"Bukan urusan siapa pun untuk mencoba mengecualikan negara kami dari Mediterania, yang telah berada di bawah kekuasaan Turki selama berabad-abad," ungkap pernyataan otoritas Turki.

Ankara telah lama menuduh Yunani menjalankan kebijakan maksimalis di Mediterania Timur dan menggarisbawahi bahwa klaim maritim Yunani dengan Mesir melanggar hak kedaulatan Turki.

Sumber: https://www.aa.com.tr/id/dunia/turki-mampu-hancurkan-aliansi-jahat-di-mediterania-timur/1937813

sumber : Anadolu/Republika.co.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement