Selasa 17 Nov 2020 15:22 WIB

Nasib Ratusan Bangunan Sejarah di Beirut Pascaledakan

Tidak semua properti peninggalan sejarah bisa diperbaiki.

Rep: Arif Satrio Nugroho / Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
 Seorang tentara berdiri di lokasi ledakan yang hancur di pelabuhan Beirut, Lebanon, Kamis, 6 Agustus 2020.
Foto: AP/Thibault Camus
Seorang tentara berdiri di lokasi ledakan yang hancur di pelabuhan Beirut, Lebanon, Kamis, 6 Agustus 2020.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tiga bulan terakhir pascaledakan di Beirut, Lebanon merupakan hari-hari yang berat untuk organisasi nonprofit sejarah dan pemerintah dalam mengamankan bangunan-bangunan di kawasan peninggalan sejarah seperti Mar Mikhael. Dengan sumber daya yang serba terbatas, tidak semua properti peninggalan sejarah bisa diperbaiki.

Dirjen Barang Antik Lebanon memprediksi sekitar 650 bangunan peninggalan sejarah terdampak ledakan. 100 di antaranya membutuhkan penanganan segera karena memiliki struktur yang rapuh. Salah satu pengelola rumah di kawasan peninggalan sejarah Mar Mikhael, Reina Sarkis mengatakan tidak akan mampu memperbaiki rumah peninggalan sejarah itu sendirian.

“Dibutuhkan sekitar satu juta dolar untuk gedung itu. Saya bahkan tidak dapat memperbaiki apartemen saya sendiri sebelum sisa bangunan diperbaiki," ujar Sarkis sebagaimana dikutip dari Al-Arabiya, Selasa (17/11)

Sarkis mengatakan juga tidak punya waktu untuk memenuhi semua aturan yang dibuat oleh pemerintah dalam memperbaiki rumah peninggalan sejarah, misalnya jangan menggunakan semen, menggunakan sesuatu yang lain, atau hal-hal harus diperbaiki dengan cara tertentu. Padahal banyak pengelola rumah peninggalan sejarah itu yang membutuhkan tempat tinggal segera.

 

“Orang-orang tunawisma. Saya harus pindah ke kediaman saya yang lain di Jounieh, tetapi tidak semua orang memiliki pilihan ini," kata dia.

Semua restorasi rumah warisan sedang dilakukan oleh LSM dan kelompok relawan seperti Beirut Heritage Initiative (BHI), berusaha melakukan pekerjaan yang telah diabaikan negara. Meskipun independen secara finansial dari pemerintah, setiap pekerjaan yang dilakukan harus didokumentasikan dan disetujui oleh DGA, untuk memenuhi standar restorasi yang benar.

“Air adalah hal paling berbahaya untuk sebuah bangunan,” Grace Rihan Hanna, pendiri Beirut Built Heritage Rescue 2020, yang merupakan bagian dari BHI, kepada Al Arabiya English.

“Rumah peninggalan sejaeha ini semuanya terbuat dari pondasi kayu dan atap, jadi air akan menghancurkannya dua kali lebih cepat. Untuk melakukan pekerjaan itu kami butuh uang, dan tidak ada,” tambahnya.

“Kami berhasil menutupi 80 dari 100 bangunan berisiko, tetapi minggu lalu ini berjalan dengan sangat cepat. Kami telah mencari terpal kualitas yang tepat tetapi harus meminjam beberapa bahan tenda pengungsi dari UNHCR," ujar dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement