21 Rajab 1442

Pemilik PPIU Nilai Wajar Visa Umroh Dihentikan Sementara

Selasa , 17 Nov 2020, 15:51 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Pemilik PPIU Nilai Wajar Visa Umroh Dihentikan Sementara (ilustrasi).
Pemilik PPIU Nilai Wajar Visa Umroh Dihentikan Sementara (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah Arab Saudi dinilai belum siap menerima jamaah asing pada fase tiga pembukaan umroh. Hal tersebut terlihat dari regulasi protokol kesehatan yang belum selesai disusun.

"Mengaca dari tiga kloter awal yang sudah diberangkatkan umroh, sepertinya Arab Saudi sendiri masih belum selesai dalam merancang protokol kesehatan," kata pemilik Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Taqwa Tours, Rafiq Jauhari, saat dihubungi, Selasa (17/11).

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 terlihat belum konsisten diterapkan pada jamaah. Kewajiban mematuhi protokol kesehatan antara kelompok terbang (kloter) satu dengan kloter yang lain berbeda sehingga membuat PPIU sulit menafsirkan kebijakan protokol kesehatan Arab Saudi. "PPIU pun sulit dalam menyimpulkan bagaimana protokol kesehatan yang diterapkan di Arab Saudi," katanya.

Rafiq mengatakan, ketika kemudian ditemukan belasan kasus positif, wajar jika Arab Saudi mengambil langkah penghentian sementara dan melakukan review. Semoga dengan penghentian sementara ini, Saudi bisa melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan ibadah umroh di masa pandemi. "Harapannya semoga penghentian umrah ini benar-benar digunakan Saudi untuk mereview, dan hasilnya dapat segera dirilis untuk dibaca bersama," katanya.

 

widget->kurs();?>