Pemilik Travel Sebut Visa Umroh Sudah Dapat Kembali Diakses

Selasa , 17 Nov 2020, 21:52 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Pemilik Travel Sebut Visa Umroh Sudah Dapat Kembali Diakses Petugas tour n travel membagikan visa kepada calon jamaah umroh di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, Banten, Ahad (1/11).
Pemilik Travel Sebut Visa Umroh Sudah Dapat Kembali Diakses Petugas tour n travel membagikan visa kepada calon jamaah umroh di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,Tangerang, Banten, Ahad (1/11).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Pemilik Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Albis Tour, Riza Paluppi, mengatakan tidak benar Arab Saudi menutup akses jamaah umrah asal Indonesia. Sampai ini belum ada pemberitahuan Indonesia dilarang kirim jamaah umrah.

 

Terkait

"Berita ini harus diluruskan," kata Riza kepada Republika, sambil menunjukan link berita dengan judul "Waduh: Arab Saudi Kembali Tutup Akses Jamaah Umrah Asal RI, Selasa (17/11).

Riza Paluppi yang juga Pengurus Syarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SapuhI) bidang hubungan luar negeri ini mengatakan, Arab Saudi tidak menutup umrah. Akan tetapi dia sadang memperbaiki sistem visa setelah menyelenggarakan ibadah umroh fase ketiga di masa pandemi ini. "Umroh bukan ditutup tapi lagi ada perbaikan upgreat sistemnya," katanya.

Menurutnya sistem untuk akses apply visa memang sempat tutup, namun hari ini sudah kembali normal. Sehingga semua pihak yang berkepentingan dengan umrah haji dapat membuka System untuk mengajukan visa umroh. "Dan sudah dibuka kembali tadi pagi dini hari waktu Saudi," katanya.

Menurut Riza, sistem diperbaharui Arab Saudi sejak tanggal 8 sampai November. Jadi hari ini merupakan perbaikan sistem terakhir setelah beberapa hari tak bisa diakses. "Kemarin diupgreat sistemnya dari tanggal 8-17 November," katanya.

Riza memastikan, tepat hari ini sistem sudah bisa mengeluarkan visa bagi jammah umroh di seluruh dunia. Artinya semua negara yang memiliki masyarakat Muslim dapat mengirimkannya untuk bisa ibadah umroh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini