Kamis 19 Nov 2020 12:29 WIB

BI Sulawesi Utara Gelar Urban Coffee Festival

Urban Coffee Festival diadakan guna membangkitkan lagi kopi Sulut.

Biji kopi (ilustrasi). BI BI Sulawesi Utara Gelar Urban Coffee Festival.
Foto: www.freepik.com
Biji kopi (ilustrasi). BI BI Sulawesi Utara Gelar Urban Coffee Festival.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Bank Indonesia (BI) menggelar Urban Coffee Festival mulai hari ini hingga Jumat (21/11) di Grand Kawanua Convention Center, Manado. Melalui acara ini, BI ingin berpartisipasi meningkatkan komoditi ekspor kopi di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat mengatakan Indonesia merupakan negara terbesar keempat dalam mengekspor kopi di dunia. "Kekayaan kopi inilah yang menyebar di sejumlah besar daerah di Indonesia, termasuk di Sulut," ujarnya di Manado, Kamis (19/11).

                               

Dia menyebut, meskipun Sulut bukan pelaku bisnis kopi terbanyak di Indonesia, tapi pada dasarnya Sulut memiliki kekayaan warisan kopi hingga saat ini. Ini juga yang menjadi latar belakang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara akan mengadakan Urban Coffee Festival.

 

"Urban Coffee Festival diadakan guna membangkitkan lagi kopi Sulut untuk menjadi komoditas primadona ekspor," ujar Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut, Eko Irianto.

Eko mengatakan festival ini dilakukan BI mengingat strategi kunci memajukan komoditi kopi yakni dengan kolaborasi dan sinergi pelaku industri kopi seperti petani, roaster, dan barista. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir ini, masyarakat Sulut menjadikan kopi sebagai gaya hidup.

Dia mencontohkan, banyak masyarakat yang minum kopi premium seperti arabika, tapi sayangnya volumenya masih sedikit. Hal yang begini hendak didorong bersama dalam festival ini.

"Tren kekinian ini yang perlu diantisipasi semua pihak termasuk BI Sulut, bisnis kopi ialah bisnis urban, yang menjadi bisnis masa depan Sulut," kata dia.

Urban Coffee festival mempertemukan petani, roaster, barista, dan pelaku bisnis rumah kopi. Tujuannya supaya bisnisnya berkesinambungan. Banyak juga kegiatan menarik lainnya dalam festival kopi, seperti barista contohnya, diberikan pelatihan untuk mendorong kemampuan mereka.

Selain pelatihan, ada agenda menarik lainnya seperti workshop, open service, talkshow sejarah kopi Sulut. Bahkan pada pekan depan BI Sulut akan mendatangkan pelaku bisnis kopi yang cukup terkenal di Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement