Kamis 19 Nov 2020 12:56 WIB

Kapolda Metro Nana Sudjana Pamit

Ucapan pamit disampaikan Nana saat berkunjung ke acara panen raya di Tangerang.

Rep: Eva Rianti/ Red: Andri Saubani
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Nana Sudjana mengungkapkan ucapan pamit saat berkunjung ke Kampung Ledug, Kelurahan Alam Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. Ucapan itu dilayangkannya saat melakukan peninjauan dan panen raya di Kampung Sehat Ketahanan Pangan, Kamis (19/11).

"Jadi ini adalah sekaligus acara saya pamitan, di akhir jabatan saya sebagai Kapolda," tutur Nana dalam sambutannya, yang dihadiri oleh sejumlah jajaran kepolisian, TNI, dan Pemerintah Kota Tangerang, serta tokoh masyarakat, di Jatiuwung, Kamis (19/11).

Baca Juga

Nana mengungkapkan, keesokan harinya dia akan menjalani serah terima jabatan (sertijab) yang akan dilakukan di Mabes Polri, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. "Besok saya akan sertijab dan saya akan bertugas sebagai Koorsahli Kapolri," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nana juga menyinggung terkait dengan mutasi yang dialaminya. "Mutasi itu suatu hal yang biasa dalam institusi Polri, sebagaimana di TNI," kata dia.

 

Pengamatan Republika, seusai mengungkapkan pamitan, Nana melakukan sejumlah aktivitas bersama, diantaranya memanen sayuran, seperti kangkung, jagung, dan kacang tanah. Selain itu juga menaruh benih ikan lele serta tanaman cabai.

Di akhir acara, Nana sempat mendekati beberapa masyarakat yang kebetulan menyaksikan kunjungannya. Dia menghampiri puluhan ibu-ibu dan anak-anak, lalu mengajak foto bersama.

Sebelumnya diketahui, Nana dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya karena dinilai tidak mampu menjaga penerapan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di wilayahnya. Hal itu dikaitkan dengan adanya sejumlah acara kerumunan massa yang dihadiri oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Posisi Kapolda Metro Jaya akan diisi oleh mantan Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran. Tak hanya Nana, Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi juga dicopot dari jabatannya dengan alasan yang sama.

"Sejak hari ini Senin 16 November 2020. Keduanya telah dicopot dari jabatan Kapolda karena tidak bisa menegakkan protokol kesehatan, maka diberikan sanksi pencopotan," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Argo Yuwono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/11).

Menurut Argo, Nana Sudjana digeser dari Kapolda Metro Jaya jadi Koordinator Ahli Kapolri dan posisi Kapolda Metro Jaya kini digantikan oleh Inspektur Jenderal Polisi Fadhil Imran. Sementara itu, Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi digeser menjadi Widekswasra Tingkat Satu pada Sespim Lemdiklat Polri. Untuk jabatan Kapolda Jawa Barat kini dipegang oleh Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Dhofiri.

"Sanksi ini diberikan karena keduanya tidak bisa menjaga protokol kesehatan di wilayahnya," ungkap Argo.

photo
Habib Rizieq Shihab - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement