Kamis 19 Nov 2020 14:51 WIB

Konjen Jeddah: Visa Umroh Jamaah Indonesia Keluar Hari Ini

Proses penerbitan visa umroh jamaah Indonesia sudah normal.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Konjen Jeddah: Visa Umroh Jamaah Indonesia Keluar Hari Ini. Jamaah umroh tawaf di sekitar Kabah di Masjidil Haram.
Foto: Al Arabiya
Konjen Jeddah: Visa Umroh Jamaah Indonesia Keluar Hari Ini. Jamaah umroh tawaf di sekitar Kabah di Masjidil Haram.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Proses penerbitan visa umroh jamaah Indonesia sempat mengalami penundaan selama beberapa hari. Terbaru, Konsul Jenderal (Konjen) RI di Jeddah Eko Hartono menyebut proses tersebut kini kembali berjalan lancar.

"Informasi terbaru, visa umroh untuk jamaah Indonesia sudah keluar hari ini. Jadi insya Allah semua lancar kembali," kata dia saat dihubungi Ihram.co.id, Kamis (19/11).

Baca Juga

Sebelumnya, ia menyebut salah satu alasan penangguhan sementara penerbitan visa karena ada jamaah dari Indonesia yang terpapar Covid-19. Ia berharap, kebijakan Saudi ini bisa menjadi pelajaran agar semua pihak lebih serius dalam mematuhi protokol kesehatan Saudi dan Indonesia.

Dari informasi yang ia dapat, penangguhan akan dilakukan maksimal 20 November. Sementara itu, pada 22 November ada keberangkatan kelompok umroh keempat dari Indonesia yang membawa 300-an jamaah.

 

Perihal hasil evaluasi yang dilakukan Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA) atas izin penerbangan jamaah Indonesia, Konjen Eko menyebut belum mendapat informasi resmi dari instansi tersebut. Ia berharap dalam waktu dekat bisa mendapat kabar baik.

"Belum ada informasi resmi dari GACA. Semoga segera ada. Tapi sampai saat ini tidak ada informasi pembatalan keberangkatan, insya Allah sesuai rencana. Kita terus lakukan komunikasi dengan GACA," kata dia.

Tim KJRI sempat melakukan pertemuan dengan Dirjen Angkatan Udara GACA, Senin (16/11). Dalam pertemuan itu, Belum ada keputusan resmi apakah GACA akan melanjutkan atau menangguhkan penerbangan dari Indonesia.

GACA beserta instansi terkait lainnya di Arab Saudi disebut terus melakukan evaluasi pelaksanaan penerbangan angkutan umroh. Termasuk yang menjadi bahan evaluasi adalah penerapan dan kepatuhan jamaah terhadap protokol Covid-19. Kepatuhan ini dilihat mulai dari persiapan keberangkatan di negara asal hingga kepulangan kembali jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement