Kamis 19 Nov 2020 15:04 WIB

Satu Abad Dibangun, Masjid Athena Kini Ditutup karena Covid

Kurang dari satu pekan setelah dibuka, masjid Athena ditutup karena Covid-19

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Masjid pertama di Athena, ibu kota Yunani, dibuka mulai Jumat (6/11/2020).
Foto: AP
Masjid pertama di Athena, ibu kota Yunani, dibuka mulai Jumat (6/11/2020).

IHRAM.CO.ID, ATHENA – Butuh satu abad untuk membuka masjid di Athena. Selamat dari tantangan hukum, politik, dan keuangan, masjid impian Athena dibuka awal bulan ini, hanya untuk ditutup dalam waktu kurang dari sepekan karena pandemi virus Covid-19.

Terletak di distrik Votanikos, masjid yang tidak memiliki menara maupun kubah itu rencananya akan selesai tahun 2017. Ketika gelombang kedua Covid-19 melanda dunia, segera membatasi masjid yang dirancang untuk sekitar 350 jamaah hanya menjadi 13 jamaah dalam satu waktu. Kemudian, sehari setelah shalat jumat pertama masjid, Yunani kembali melakukan lockdown nasional yang memaksa masjid untuk ditutup sepenuhnya.

“Perasaan saya terpecah menjadi dua. Di satu sisi saya merasakan kelegaan dan kebahagiaan yang luar biasa akhirnya kami memiliki masjid," kata Imam Masjid, Mohammed Zaki (55 tahun), dilansir About Islam, Rabu (18/11).

Kegembiraannya diredam oleh pembatasan terkait Covid-19 dan fakta bahwa lusinan masjid darurat di ibu kota sekarang kemungkinan akan ditutup. Menurut Zaki, ini merupakan masalah besar sebab, Muslim di Athena tidak hanya puluhan orang, melainkan sekitar 200 ribu Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement