Jumat 20 Nov 2020 15:14 WIB

Instagram Rilis Pembaruan Panduan untuk Orang Tua

Instagram memberikan pembaruan agar lebih ramah anak.

Instagram
Foto: pexels
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram secara resmi meluncurkan pembaruan Panduan Instagram untuk Orang Tua di Indonesia. Pembaruan ini dirilis bertepatan dengan peringatan Hari Anak Sedunia yang jatuh pada hari ini, 20 November.

"Panduan ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi orang tua untuk mengenal lebih jauh seputar platform Instagram guna membantu menjaga keamanan dan pengalaman online anak remaja mereka, serta tips-tips untuk memulai percakapan dengan anak remaja seputar kesehatan mental," ujar Kepala Kebijakan Publik, Instagram Asia Pasifik, Philip Chua, dalam keterangan tertulis, Jumat (20/11).

Baca Juga

Panduan Instagram untuk Orang Tua versi terbaru ini juga memuat berbagai tips memulai percakapan dengan anak remaja tentang isu kesehatan mental. Dalam Panduan Instagram versi terbaru ini, para orang tua dapat menemukan lebih banyak informasi mengenai fitur-fitur keamanan terbaru yang diluncurkan Instagram guna menjaga pengalaman online anak remaja mereka.

Beberapa fitur keamanan Instagram baru antara lain fitur Mengelola Privasi, seperti Kontrol Pesan. Ini memungkinkan anak remaja untuk memilih siapa saja yang dapat mengirimkan pesan ke akun mereka lewat Instagram.

Ada pula fitur Mengelola Interaksi, seperti Permintaan Dukungan, untuk mengikuti perkembangan laporan yang dikirim oleh akun anak remaja dan mengetahui pelanggaran apa saja yang mereka lakukan.

Kemudian, Mengelola Komentar dalam Jumlah Banyak. Fitur ini bisa menghapus beberapa komentar sekaligus, termasuk memblokir atau membatasi beberapa akun yang memposting komentar negatif.

Selanjutnya, fitur Menyematkan Komentar Positif. Ini adalah cara mudah untuk mengedepankan dan mendorong interaksi yang positif di Instagram dengan membuat beberapa komentar terpilih berada di posisi teratas kolom komentar.

Selain itu, Mengontrol Tanda dan Mention, fitur yang dapat membantu pengguna mengatur siapa saja yang dapat menandai atau mention mereka di Instagram

Terakhir, fitur Membantu Pengguna Lain, apabila seseorang menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka membutuhkan bantuan melalui postingan di Instagram. Anak remaja dapat segera melaporkan tingkah laku mereka yang mengkhawatirkan tersebut kepada Instagram.

Instagram akan segera membantu menghubungkan orang tersebut ke informasi maupun sumber pertolongan yang dia butuhkan.

Fitur-fitur tersebut melengkapi fitur-fitur Instagram yang sebelumnya sudah tersedia di Panduan Instagram Orang Tua 2019, seperti Privasi Akun, Blokir, Kontrol Komentar, Filter Komentar, Dasbor "Aktivitas Anda" dan Setel Pengingat Harian.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement