Jumat 20 Nov 2020 17:25 WIB

Jamaah Masjidil Haram Gelar Sholat Istisqa

Sebelumnya, Raja Salman juga telah mendirikan sholat istisqa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Masjidil Haram Gelar Sholat Istisqa. Kabah di Masjidil Haram.
Foto: Reuters
Jamaah Masjidil Haram Gelar Sholat Istisqa. Kabah di Masjidil Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Jamaah melakukan sholat istisqa (permohonan doa agar Allah menurunkan hujan), di wilayah Masjidil Haram, Kamis (19/10). Sebelumnya, doa permohonan hujan juga dipanjatkan oleh Raja Salman dari Arab Saudi, Selasa (17/11). Sholat minta hujan juga dilakukan di Masjid Nabawi, Madinah.

Dilansir di The National News, Jumat (20/11), para pemimpin di Negara Teluk Arab memang diketahui sering mengarah ke masjid untuk melakukan sholat istisqa. Harapannya agar hujan massal di waktu-waktu ini dapat turun ketika curah hujan diperkirakan tertunda.

Baca Juga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 𝗛𝗮𝗿𝗮𝗺𝗮𝗶𝗻 (@haramain_info)

 

Gubernur Provinsi Makkah, Pangeran Khalid bin Faisal Al Saud, bergabung dengan jamaah di masjid. Masjid lain di seluruh Arab Saudi juga melakukan sholat istisqa. Ritual keagamaan itu merupakan contoh apa yang pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika di suatu wilayah telah lama tidak turun hujan.

Bahkan, Imam Syafii dalam kitabnya Al-Umm menyebutkan, doa pemimpin untuk meminta hujan memang sangat penting. Menurut Imam Syafii, jika seorang pemimpin pada saat kekeringan melanda tidak mendirikan sholat istisqa, maka tidak perlu baginya dibebani kafarat berupa qadha. Meski begitu, mendirikan sholat baginya adalah sikap yang terpuji.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 𝗛𝗮𝗿𝗮𝗺𝗮𝗶𝗻 (@haramain_info)

 

Sebab sholat istisqa bukanlah hal yang diwajibkan dalam syariat. Meski bukan bagian dari hal yang wajib, Imam Syafii menyayangkan jika ada pemimpin yang tidak mendirikan sholat istisqa ketika wilayahnya mengalami kekeringan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement