Saudi Kampanyekan Pentingnya Kesehatan Mental

Jumat , 20 Nov 2020, 18:11 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi kesehatan mental
Ilustrasi kesehatan mental

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Sebuah kampanye besar untuk menyoroti dampak pandemi pada kesehatan mental telah diluncurkan di Arab Saudi. Asosiasi Pembangunan Berkelanjutan Saudi (Talga) bekerja sama dengan Pusat Nasional Promosi Kesehatan Mental (NCMH) Kementerian Kesehatan berada di balik inisiatif baru yang ambisius bertajuk, "Kesehatan Mental Anda yang Utama".

 

Terkait

Kampanye yang akan dilakukan secara nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah seperti kecemasan, depresi, dan kelelahan kerja serta cara untuk mencegah dan mengobati kondisi tersebut.  Pada tahun 2030, para pejabat berharap dapat melatih setidaknya sepertiga orang yang tinggal di Arab Saudi sebagai praktisi pertolongan pertama kesehatan mental.

Talga dan NCMH minggu ini menjadi tuan rumah utama dari kursus pelatihan praktisi pertolongan pertama kesehatan mental yang dihadiri oleh sekitar 50 orang dari seluruh  daerah dari Kerajaan Arab Saudi. Program pelatihan Mental Health First Aid (MHFA) yang terakreditasi internasional telah di-Arabisasi dan diadaptasi secara budaya oleh para ahli Saudi.

“Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.  Melalui kampanye berskala nasional ini, kami menyoroti untuk memecahkan stigma kesehatan mental dan meningkatkan kesadaran tentang cara-cara pengobatannya".

"Selain kampanye, kami memiliki ambisi yang kuat di Talga, dalam kemitraan dengan NCMH, untuk melatih setidaknya sepertiga penduduk dan warga Saudi pada tahun 2030 sebagai praktisi dan pelatih pertolongan pertama kesehatan mental yang bersertifikat," kata ketua Talga, Abeer binti Saud bin Farhan Al-Saud dilansir dari Arabnews, Jumat (20/11).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini