Sabtu 21 Nov 2020 06:47 WIB

PM Inggris Minta G20 Lakukan Lebih untuk Melawan Covid-19

G20 pada Maret berkomitmen untuk lakukan apapun untuk mengatasi pandemi.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson
Foto: AP/Matt Dunham
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mendesak kepala negara anggota G20 untuk melakukan langkah yang lebih ambisius mengatasi Covid-19. Dalam pertemuan virtual itu dia juga mengungkapkan agar lebih berpartisisipasi dalam perubahan iklim.

Dalam sambutannya jelang pertemuan, Johnson mengimbau para pemimpin negara yang termasuk kelompok ekonomi utama G20 untuk melakukan apapun yang diperlikan untuk mengatasi pandemi, melindungi kehidupan dan mata pencaharian.

Baca Juga

"G20 pada Maret berkomitmen untuk melakukan apapun yang dapat dilakukan untuk mengatasi pandemi. Saat kita bertemu akhir pekan ini, kita harus mempertanggungjawabkan janji itu," ujarnya.

Johnson juga akan meminta pemimpin yang belum berkomitmen pada emisi bersih untuk melakukannya. Ini disampaikannya ketika Inggris akan menjadi tuan rumah Climate Ambition Summit pada 12 Desember 2020.

"Jika kita memanfaatkan kecerdasan kolektif dan sumber daya G20, kita dapat memetakan jalan keluar dari pandemi dan membangun masa depan yang lebih baik," katanya lagi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement