29 Ramadhan 1442

Pemkab Tanah Datar Beri Hadiah Umroh untuk Juara MTQ

Ahad , 22 Nov 2020, 16:59 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Pemkab Tanah Datar Beri Hadiah Umroh untuk Juara MTQ (ilustrasi).
Pemkab Tanah Datar Beri Hadiah Umroh untuk Juara MTQ (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,BATUSANGKAR -- Sumatera Barat berhasil keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 28. Prestasi ini pertama kali diraih Sumbar dalam sejarah MTQ. Sumbar mengalahkan juara bertahan DKI Jakarta yang menempati urutan dua.

Dari sejumlah prestasi yang diraih Sumbar di berbagai lomba selama MTQ, 5 di antaranya disumbangkan kafilah asal Kabupaten Tanah Datar. Yakni 3 juara I dan terbaik II sebanyak dua orang.

"Alhamdulillah perjuangan anak-anak membuahkan hasil yang luar biasa, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi pada iven berikutnya," kata Kabag Kesra Pemkab Tanah Datar Afrizon, Afrizon, Ahad (22/11).

Rincian kafilah utusan Tanah Datar mewakili Sumbar yakni peraih Juara 1,  Nila Hidayati asal Kecamatan Rambatan untuk lomba cabang Tafsir Bahasa Inggris Putri, Nofri Deswita, Asal Kecamatan Sungayang cabang Khattil Dekorasi Putri dan Rivi Pratama Putra asal Kecamatan Lintau Buo cabang Khattil Naskhi Putra.

Juara 2 dua orang yaitu, Fiki Sahira Farhah asal Lintau Buo Utara cabang Tartil Putri dan Syarah Adha asal Lintau Buo cabang MSQ Putri (Group).

Anggota kafilah lain yang tampil yakni Fathiyyah Arafah Afsya, asal Sungayang Cabang Hifzil 5 Juz dan Tilawah, Yahdiyani asal Batipuh Cabang Hifzhil 30 Juz, Albizar, S.Iq,  asal Pariangan, Cabang Qiraat Sab'ah Putra dan Kesya Putri asal Lintau Buo Utara, Cabang Tilawah Anak Anak Putri.

Dengan raihan prestasi ini, pemprov memberikan reward sebesar Rp. 200 juta bagi juara 1 dan Rp. 150 juta bagi juara 2 serta Rp. 100 juta bagi juara 3. Afrizon menyebut nantinya para kafilah berprestasi ini juga akan diberi bonus dari bupati Tanah Datar.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Tanah Datar Erman Rahman berterima kasih kepada seluruh kafilah beserta pelatih, pendamping serta  dukungan dan doa orang tua dan seluruh masyarakat Tanah Datar, yang telah mengharumkan nama Sumatera Barat di tingkat nasional.

Pencapaian ini menurut Erman buah pembinaan selama ini dan perjuangan panjang semua pihak. Erman menjanjikan kafilah yang berhasil menjadi juara MTQ Nasional untuk diberikan hadiah umroh. "Saya turut beri rekomendasikan untuk dianggarkan biaya umroh sebagai reward," ucap Erman.

Erman menyebut kafilah MTQ asal Tanah Datar tidak larut dalam euforia. Ia ingin mentalitas juara ini tetap dipertahankan karena target selanjutnya adalah mempertahankan gelar juara MTQ tingkat provinsi ke 39 yang akan diadakan di Padang Panjang.  Karena menurut Erman mempertahankan lebih sulit dari merebut. Tanah Datar merupakan juara bertahan MTQ Provinsi Sumbar tahun 2019 lalu di Solok.

 

widget->kurs();?>