Senin 23 Nov 2020 08:06 WIB

Pembunuhan dan Penculikan Jamaah terjadi di Masjid Nigeria

Kelompok orang bersenjata serang masjid Nigeria, 5 orang meninggal dan 40 diculik

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Muslim Nigeria melaksanakan sholat di Masjid Pusat Lagos di Nigeria
Foto: The Nation
Muslim Nigeria melaksanakan sholat di Masjid Pusat Lagos di Nigeria

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Kelompok orang bersenjata menyerang masjid di barat laut Nigeria. Serangan oleh kelompok ini tepatnya terjadi di masjid di negara bagian Zamfara. Diketahui, ada lima jamaah meninggal dunia dan 40 jamaah lainnya diculik. Seorang imam masjid termasuk dalam kelompok yang diculik.

Juru bicara Kepolisian Negara Bagian Zamfara, Muhammad Shehu, mengatakan pasukan keamanan telah dikirim ke wilayah itu. Penyelidikan atas serangan ini juga telah dilakukan.

Dilansir di Anadolu Agency, Senin (23/11), bagian barat laut negara itu sesekali terjadi bentrokan antara penggembala suku Fulani, salah satu kelompok etnis terbesar yang tersebar luas di Afrika Barat, dengan suku-suku tetangganya yang menetap.

Suku Fulani, yang bermigrasi ke selatan untuk menggembalakan ternak mereka, mengklaim bahwa para petani telah mencoba mencuri hewan mereka dan menyerang orang-orang mereka.

 

Kelompok bersenjata terkadang memanfaatkan konflik dan mengatur serangan. Hampir 2.000 orang kehilangan nyawa di wilayah tersebut, sementara ribuan lainnya mengungsi.

Menyusul penandatanganan perjanjian "penghentian permusuhan" oleh berbagai kelompok pada Agustus 2019, lebih dari 2.000 anggota meletakkan senjata mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement