Senin 23 Nov 2020 09:37 WIB

Ahli Jelaskan Sebab Ngidam Selama Menstruasi

Mengidam saat 'datang bulan' memang kerap dialami sebagian perempuan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Mengidam saat 'datang bulan' memang kerap dialami sebagian perempuan (Foto: ilustrasi)
Foto: Piqsels
Mengidam saat 'datang bulan' memang kerap dialami sebagian perempuan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa perempuan kerap makan banyak saat menstruasi. Kebiasaan makan saat menstruasi memang tak biasa. Sebab, perempuan biasanya menginginkan jenis makanan tertentu seperti orang mengidam, khususnya karbohidrat.

Ahli Ginekolog bersertifikat di Princeton Medicine Physicians, Shyama Mathews, mengatakan, mengidam saat 'datang bulan' memang kerap dialami sebagian perempuan. Hal ini merupakan kebiasaan yang normal.

Baca Juga

"Menjadi lebih lapar dari biasanya adalah normal saat menstruasi, dan penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak kalori selama waktu menjelang dan saat menstruasi memang banyak dialami perempuan," ujarnya, melansir popsugar, Senin (23/11).

Mathews menjelaskan, ada perubahan kadar hormon selama masa menstruasi. Ketika menstruasi dimulai, kadar estrogen turun ke level terendah. Hal ini memicu perempuan untuk makan lebih banyak.

 

Tak hanya itu, kondisi ini memicu keinginan perempuan untuk makan karbohidrat dan berlemak. Namun, tidak masalah apabila menuruti keinginan itu dari waktu ke waktu.

“Mengidam bisa bermanfaat bagi mereka,” katanya.

Dia menjelaskan karbohidrat dapat meningkatkan kadar serotonin, yang lebih rendah pada periode pramenstruasi dari siklus seseorang. Namun, dia memperingatkan makanan berminyak, seperti pizza dapat menyebabkan lebih banyak kembung. Bila merasa tak nyaman, carilah alternatif makanan lain.

Untuk mengidam yang tidak berhenti, Mathews menyarankan untuk mengonsumsi protein dan karbohidrat kompleks. Hal ini mungkinan akan membuat lebih kenyang dan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mathews mengingatkan untuk tetap terhidrasi. Kemudian, berolahraga juga dapat membantu mengalihkan pikiran dari makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement