12 Jumadil Akhir 1442

Masyhad Kota Cucu Rasul Muhammad Generasi Ketujuh

Senin , 23 Nov 2020, 10:41 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Masyhad, Iran.
Masyhad, Iran.

IHRAM.CO.ID, Masyhad adalah sebuah kota di timur laut Republik Islam Iran yang dikenal sebagai tempat ziarah atau destinasi wisata religi. Di kota ini, terdapat makam suci Imam Ali Ridha as, cicit Rasulullah saw generasi ketujuh.

Di dalam kompleks makam tersebut juga terdepat masjid bersejarah, Masjid Goharshad. Selain itu terdapat pula sebuah museum besar yang meliputi museum karpet dan permadani, museum alat-alat senjata, museum sejarah dan museum sastra Persia. Ada juga sebuah perpustakaan lama dan besar di kompleks tersebut.

Masyhad juga memiliki banyak taman, seperti Taman Malek Abad, Taman Kuh Sanggi (Bukit Batu), Kohestan Park Shadi, Banun Park (Taman Hijab), Bagh-e Melli (Taman Nasional), Park Mellat (Taman Bangsa), Big Wahdat Park (Taman besar persatuan), Razi Park, Ummat Park, Park-e Mahalli Muthahar, Pardis Qaem Forrest Park, Mirza Kuchek Park dan Khurshid Park.

Data dua tahun lalu, Masyhad menjamu 5,2 juta turis asing yang sebagian besar beragama Islam. Irak adalah destinasi wisata religi terkemuka dengan 1,4 juta turis. Sementara Republik Azerbaijan berada di peringkat kedua dengan 1 juta pengunjung.

Masyhad (مشهد dalam bahasa Persia, dieja Meshad yang artinya tempat para syahid) adalah kota kedua terbesar di Iran dan salah satu kota suci Syi'ah. Kota ini terletak pada koordinat  sekitar 850 kilometer ke arah Timur Teheran, dan Ibu kota Provinsi Razavi Khorasan. Populasinya pada tahun 2006 sebanyak 2.5 juta orang.

BERITA TERKAIT

 

widget->kurs();?>