Senin 23 Nov 2020 23:45 WIB

Jumlah Konsumsi Zamzam 3 Bulan Terakhir di Masjidil Haram

Meski era pandemi Covid-19 konsumsi zamzam di Masjidil Haram tinggi

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Meski era pandemi Covid-19 konsumsi zamzam di Masjidil Haram tinggi. Ilustrasi Minum Air Zamzam
Foto: Republika/Musiron
Meski era pandemi Covid-19 konsumsi zamzam di Masjidil Haram tinggi. Ilustrasi Minum Air Zamzam

IHRAM.CO.ID, MAKAH – Pengunjung Masjidil Haram di Kota Makah, Arab Saudi telah menggunakan lebih dari 1,5 juta liter air suci Zamzam selama tiga bulan terakhir. Data ini sesuai yang diterbitkan pada Ahad (22/11). 

Sekitar 1,8 juta botol air suci juga telah dikonsumsi sejak awal tahun Hijriyah Islam yang dimulai pada 20 Agustus. Hal ini dilaporkan surat kabar Okaz yang mengutip angka dari departemen yang bertanggung jawab atas fasilitas air di Masjidil Haram.  

Baca Juga

Sebanyak 1.012 pekerja telah terlibat dalam layanan fasilitas air di Masjidil Haram. Dilansir dari AhlulBayt News Agency (ABNA), Senin (22/11).

Pada 4 Oktober 2020, Arab Saudi memulai fase pertama dari rencana dimulainya kembali Umrah di Masjidil Haram setelah penangguhan sekitar tujuh bulan karena wabah virus corona atau Covid-19. Fase itu memungkinkan 6.000 jamaah dalam negeri melaksanakan umrah per hari. 

 

Disinfeksi sepanjang waktu dilakukan di tempat suci, menggunakan 4.500 liter alat sterilisasi per hari, kata surat kabar Okaz. Lebih dari 4.000 pekerja dipekerjakan untuk membersihkan masjid setiap hari.  

Hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk membersihkan dan mensterilkan area lingkar di sekitar Kabah. Tahap kedua dari rencana Umrah mulai berlaku pada 18 Oktober 2020, memungkinkan sekitar 40 ribu jamaah dan 10 ribu jamaah per hari ke Masjidil Haram. 

Sebanyak 20 ribu jamaah umrah dan 60 ribu jamaah per hari diizinkan untuk melakukan sholat di masjid pada fase ketiga. 

 

Sumber: https://en.abna24.com/news//saudi-arabia-1-5-million-liters-of-zamzam-water-used-in-mecca-in-3-months_1088288.html

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement