Selasa 24 Nov 2020 07:06 WIB

Nabi Ajarkan Cara Memelihara Hewan

Tidak boleh memelihara hewan dengan dasar kebencian dan maksud hendak menyiksa

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Kucing
Foto: Youtube
Kucing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kasih sayang Nabi Muhammad SAW begitu luas yang tidak hanya ditujukan untuk manusia. Kasih sayang Nabi kepada tanaman dan hewan pun banyak ditemukan dalam hadis-hadis, termasuk anjuran beliau kepada pemelihara hewan soal bagaimana memperlakukan hewan.

Pakar Ilmu Alquran, KH Ahsin Sakho, menjelaskan bagaimana seseorang perlu menyesuaikan keadaan jika hendak memelihara hewan peliharaan. Tidak boleh seseorang memelihara hewan dengan dasar kebencian dan maksud hendak menyiksa.

“Nabi itu sangat penuh kasih, termasuk ke hewan. Maka bagi pemelihara hewan pun dianjurkan cara-cara yang baik,” kata KH Ahsin dalam kajian live streaming, di Ahsin Sakho Center, Senin (23/11).

Beliau menjelaskan bahwa Nabi SAW pernah berkata tentang pemelihara hewan yang masuk neraka. Dia adalah seorang wanita yang memelihara kucing yang dimasukkan ke dalam kandang, namun kucing itu tidak diberi makan dan tidak diberi kesempatan untuk mencari makan di luar kandang.

Akibatnya, kucing itu mati kelaparan. Atas sebab inilah kemudian si perempuan pemelihara hewan itu dimasukkan ke neraka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement