Selasa 24 Nov 2020 17:14 WIB

Yayasan Sahabat Qur’an Dirikan SMP Tahfizh Berasrama Gratis

SMP Tahfizh memadukan materi Al Qur’an dan kurikulum Dinas Pendidikan Kota Depok

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Yayasan Sahabat Qur’an Dirikan SMP Tahfizh Berasrama Gratis (ilustrasi).
Foto: istimewa
Yayasan Sahabat Qur’an Dirikan SMP Tahfizh Berasrama Gratis (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,DEPOK -- Yayasan Sahabat Qur’an Depok, sebagai lembaga pendidikan Al Qur’an yang berdiri sejak 2012 menyelenggarakan pendidikan yang fokus pada Al Qur’an, mulai dari Tahsin Tahfizh Al Qur’an, TPA, TK, SD dan SMP Tahfizh. Untuk SMP Tahfizh disediakan asrama dan pembiyaannya gratis untuk yatim dan dhaufa.

"Kami ingin memberikan pendidikan yang layak bagi seluruh warga negara untuk membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan, merupakan hal yang positif," ujar Kamal Ibrahim sebagai Manager Pendidikan SMP Tahfizh dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/11).

Menurut Kamal, SMP Tahfizh Boarding School Sahabat Qur’an sendiri berdiri sejak 2020 dan sudah ada satu angkatan, program ini beasiswa untuk yatim dan dhuafa.

"SMP Tahfizh memadukan materi Al Qur’an dan kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, untuk program tahsin dan tahfizh 30 juz di targetkan selesai selama tiga tahun. Sedangkan Disdik Kota Depok bekerjasama dengan SMP Terbuka 10 Depok," terangnya.

Meskipun program ini memberikan beasiswa, pelayanan kepada para santri tetap diberikan semaksimal mungkin, seperti makanan, pendidikan dan asupan gizi lannya. "Biasanya, SMP Tahfiz Gratis identik dengan ala kadarnya. Kita ingin memuliakan para penghafal Qur’an dengan memberikan yang terbaik," tegas Kamal.

Seperti tahun ini, SMP Tahfizh Sahabat Qur’an hanya menerima 12 santri perangkatan dan dibina langsung oleh satu musyrif. Hal ini dilakukan, agar pembinaan santri lebih intensif dan mencapai hasil yang maksimal. 

"Tahun ajaran ini membuka penerimaan santri baru Tahun Ajaran 2021-2020, informasi pendaftaran bisa diakses melalui www.saqu.or.id. Pendaftaran di tutup pada 10 Januari 2020," pungkas Kamal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement