Selasa 24 Nov 2020 19:21 WIB

Begini Kisah Thanksgiving di AS Pertama Kali

Thanksgiving adalah hari libur di Amerika Utara yang jatuh setiap 26 November.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Begini Kisah Thanksgiving di AS Pertama Kali. Kalkun panggang biasa menjadi santapan dalam perayaan Thanksgiving.
Foto: flickr
Begini Kisah Thanksgiving di AS Pertama Kali. Kalkun panggang biasa menjadi santapan dalam perayaan Thanksgiving.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari pengucapan syukur atau Thanksgiving adalah hari libur di Amerika Utara yang jatuh setiap 26 November. Lantas, dari mana perayaan ini berasal?

Pada musim gugur 1620, kapal kargo Mayflower mengangkut 102 orang yang terdiri dari pria, wanita, dan anak-anak Inggris ke dunia baru. Sebagian dari kelompok ini adalah separatis, orang-orang yang secara religius memisahkan diri dari Gereja Inggris dan ingin datang ke dunia baru untuk menemukan kebebasan beragama.

Baca Juga

Lambat laun, orang-orang ini akan dikenal sebagai peziarah. Kapal Mayflower tiba di dunia baru pada Desember 1620, beberapa pekan kemudian dari yang mereka harapkan. Kapal itu mendarat lebih jauh ke utara dari yang mereka rencanakan.

Jika dilihat saat ini posisinya terletak di Massachusetts. Keadaan yang tidak menguntungkan ini membuat musim dingin terasa sangat menusuk. Hampir separuh penjajah meninggal dan mereka yang tidak meninggal jatuh sakit.

Dilansir di About Islam, menjelang musim semi 1621, keberuntungan Koloni Plymouth mulai berubah. Koloni ini dikunjungi oleh beberapa orang Indian setempat atau orang Wampanoag. Squanto berbicara bahasa Inggris dan menunjukkan kepada para peziarah cara menggunakan ikan sebagai pupuk untuk bercocok tanam di tanah berpasir.

Pada November 1621, banyak hal mulai membaik bagi para peziarah. Mereka dapat bertahan hidup pada tahun pertama mereka di dunia baru. Para peziarah mengumpulkan hasil panen mereka yang mencakup jagung, labu, labu, dan biji-bijian. Mereka menangkap ikan dan mengumpulkan unggas liar atau burung seperti itik, angsa, bahkan kalkun liar untuk berpesta dalam perayaan.

Raja perkasa dari rakyat Wampanoag, Massasoit bergabung dengan para peziarah dengan 90 anak buahnya. Dia juga menyumbangkan lima ekor rusa untuk pesta besar ini yang berlangsung selama tiga hari penuh.

Bagi para peziarah, perayaan ini bukanlah awal dari liburan baru, melainkan festival panen umum, seperti yang diadakan di Eropa setiap musim gugur setelah panen yang baik. Tahun demi tahun berganti, orang Amerika terus merayakan hari pesta ini dan berterima kasih.

Pada 1924, department store Macy memulai Parade Hari Thanksgiving yang rutenya mengarah ke jalan-jalan di New York dan berakhir di toko. Selain itu, pada 1920-an, Detroit Lions muncul dengan ide pertandingan sepak bola Hari Thanksgiving. Barulah pada 1941 Kongres akhirnya menjadikan Hari Thanksgiving sebagai hari libur resmi. 

https://aboutislam.net/reading-islam/research-studies/the-first-thanksgiving-ever-what-happened/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement