13 Jumadil Akhir 1442

Muslim AS Bantu Warga tak Mampu Rayakan Thanksgiving

Rabu , 25 Nov 2020, 11:12 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Kalkun panggang biasa menjadi santapan dalam perayaan Thanksgiving.
Kalkun panggang biasa menjadi santapan dalam perayaan Thanksgiving.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Thanksgiving menjadi bagian penting bagi masyarakat di Amerika Serikat (AS). Bagi warga di sana, perayaan ini merupakan tradisi yang sudah ada sejak lama dan dirayakan setiap 26 November atau sebulan sebelum hari Natal.

Dalam rangka perayaan tersebut, Muslim di AS turut memberikan kiprahnya. Sejumlah kelompok Muslim dan pusat Islam di seluruh AS bekerja keras untuk membantu mereka yang kurang beruntung dan yang membutuhkan untuk merayakan Thanksgiving dengan nyaman dan bahagia.

Di Puget Sound, Washington, sebuah organisasi nonprofit Muslim lokal telah membagikan makanan gratis kepada orang-orang yang membutuhkan untuk acara Thanksgiving ini. Pusat Sumber Daya Komunitas Muslim di Muslim Association of Puget Sound (MAPS-MCRC) mengerahkan bantuan tersebut bagi warga yang membutuhkan.

Selain sekitar 1000 kalkun, termasuk yang halal, MAPS-MCRC bermitra dengan Kits for Peace untuk menyediakan selimut, jaket, dan lebih banyak benda-benda penghangat lainnya.

"Model layanan drive-through yang berisiko rendah dari pengambilan makanan kotak untuk Thanksgiving ini di MAPS Redmond adalah cara kami menyebarkan cinta dan berbagi berkah dengan tetangga, penerima bantuan, mitra, dan sukarelawan, sembari mematuhi pedoman gubernur tentang jarak sosial dan protokol keselamatan," kata pendiri dan CEO MAPS-MCRC, Nickhath Sheriff, dalam siaran pers yang dikutip oleh 425 Magazine, dilansir di laman About Islam, Rabu (25/11).

Thanksgiving ini biasa dirayakan pada Kamis keempat bulan November di Amerika Serikat. Perayaan ini tentang mengucap syukur atas berkah panen dan tahun sebelumnya.

Meskipun awalnya merupakan tradisi Kristen, perayaan tersebut telah menjadi hari libur budaya yang dilakukan oleh orang-orang dari semua agama di negara itu. Acara ini identik dengan pesta makan malam keluarga dengan hidangan utama kalkun panggang.

Di Chicago, Jaringan Aksi Muslim Dalam Kota atau IMAN, menyelenggarakan Annual Turkey Drive pada Senin (23/11) lalu, dengan dukungan dari Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA). Gerakan makanan itu membantu mengirimkan ratusan makanan gratis kepada tetangga dan mereka yang membutuhkan.

Di New Jersey, Muslim American Law Enforcement Association bekerja sama dengan Stevens Campus Police untuk mengadakan gerakan makanan akhir pekan ini. Semua makanan yang disumbangkan ke Gereja Lutheran St. Matius Trinity itu akan membantu memberi makan populasi tunawisma di Hoboken.

Tidak hanya itu, kelompok MALEA bermitra dengan ICNA Relief untuk menggelar acara giveaway Musim Dingin pada Senin di Somerset, New Jersey.

"Bersama-sama kami bisa membagikan pakaian musim dingin untuk orang dewasa dan anak-anak yang terdiri dari mantel, topi, sarung tangan, kaus kaki. Juga kalkun untuk mereka yang membutuhkan," kata kelompok itu di Twitter.

 

widget->kurs();?>