Kamis 26 Nov 2020 07:13 WIB

HGN 2020, Wamenag Ingatkan Tiga Warisan Pendiri Bangsa

Tiga sikap moral yang diwariskan pendiri bangsa yakni berilmu, beramal dan mengajar.

Rep: Muhyiddin/ Red: Esthi Maharani
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.
Foto: dok. Kemenag
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2020. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020 mengingatkan pada sikap moral yang diajarkan dan diteladankan para pendiri bangsa. Menurut dia, ada tiga sikap moral yang diwariskan, yaitu berilmu, beramal, dan mengajar.

"Pendiri bangsa mengajarkan kita tentang berilmu, beramal, dan mengajar,” ujar Zainut saat berbicara pada Webinar tentang “Guru Madrasah Pewaris Founding Father Bangsa”, Rabu (25/11).

Acara ini digelar dalam rangka memperingati HGN yang mengusung tema “Bakti Guru Lindungi Negeri”. Webinar diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah. Hadir juga, Sekum Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’thi, dan Ketua Umum LP Ma’arif NU, KH. Arifin Junaedi.

Menurut Zainut, sikap moral itu tumbuh dari perjalanan hidup mereka dalam perjuangan memerdekakan dan membangun bangsa. Mereka terjun langsung ke masyarakat, mendidik rakyat, dan banyak di antara mereka mengabdi sebagai guru.

Bung Karno misalnya, pernah menjadi guru agama Islam di sekolah dasar Muhammadiyah selama pengasingan di Bengkulu. Bung Hatta dan Bung Syahrir selama masa pembuangan di Banda Neira, Maluku, aktif mengajar dan berbagi ilmu pada anak-anak kecil dan remaja lokal di sana.

Tan Malaka, kata Zainut, sekembalinya dari Eropa, juga aktif menjadi guru bahasa untuk anak-anak buruh perkebunan di Sanembah, Deli, Sumatera Utara. Begitu juga KH Abdul Wahid Hasyim yang sepulang dari naik haji, terjun langsung mengajar di pesantren Tebu Ireng.

“Banyak bapak bangsa lainnya, termasuk pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, dan Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama, yang mengawali karir sebagai guru, pengajar, kiai, di lembaga pendidikan masing-masing,” ucapnya.

Menurut Zainut, masih banyak bapak bangsa yang lainnya yang istiqomah dalam berilmu, mengajar, dan beramal. Mereka adalah guru bangsa yang juga penggerak, pejuang, dan akhirnya menjadi pembebas anak-anak bangsa dari belenggu ketidaktahuan, kebodohan, dan sikap mental negatif lainnya menuju kemerdekaan.

Zainut menjelaskan, sikap para pendiri bangsa ini tidak terlepas dari pemahaman pesan agama tentang hifdzun nasl, melindungi keturunan. “Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah bentuk amaliyah untuk melindungi keturunan, juga melindungi martabat kita sebagai suatu bangsa,” jelasnya.

Dia pun melihat bahwa guru sebagai profesi mulia. Menurut dia, guru adalah sosok yang menggandeng tangan peserta didik, membuka pikiran, menyentuh hati, dan membentuk masa depan mereka, bahkan meski mereka bukan anak kandungnya. Guru berperan penting untuk menghantarkan peserta didik agar memiliki kecerdasan dan daya hidup, agar siap mengarungi masa depan yang semakin kompetitif.

Dia menambahkan, guru juga berperan penting dalam menanamkan nilai dan tradisi agama Islam, membentuk akhlak dan kepribadian generasi muda muslim, sebagai benteng moralitas bangsa.

"Selamat Hari Guru Nasional tahun 2020. Bangkitkan semangat wujudkan merdeka belajar, tetap dan selalu mendidik putra-putri Indonesia guna mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement