Jumat 27 Nov 2020 14:29 WIB

Mahasiswa UNS Rancang Usaha Spray Nano Silver, Antibakteri

Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pada kesehatan helm.

Rep: binti sholikah/ Red: Hiru Muhammad
Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo merancang usaha Spray Nano Silver sebagai agen anti bakteri dan anti jamur pada helm.
Foto: Humas UNS
Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo merancang usaha Spray Nano Silver sebagai agen anti bakteri dan anti jamur pada helm.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO--Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo merancang usaha Spray Nano Silver sebagai agen anti bakteri dan anti jamur pada helm. Ide ini muncul karena banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar saat berkendara menimbulkan masalah pada helm.

Ketua tim, Nikmah Kasanah, mengatakan, helm yang digunakan secara berulang menimbulkan masalah berupa bakteri dan jamur berkembangbiak. Terlebih, bagian kepala biasanya cenderung lembab akibat dari keringat atau rambut yang basah. Hal itu dapat mengakibatkan timbulnya bau yang menggangu pada helm, serta dapat meningkatkan potensi penyakit kulit kepala.

"Untuk mengatasi masalah ini, Tim PKM-K kami berupaya dalam pembuatan spray yang bersifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat membunuh jamur dan bakteri yang timbul akibat penggunaan helm, serta dapat menghilangkan bau tidak sedap pada helm," terang Nikmah seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (25/11).

Agen antibakteri dan antijamur yang dipilih yakni, nanosilver yang telah terbukti sebagai antibakteri dan antijamur. Selain itu, nanosilver minim efek samping yang ditimbulkan.

Produk tersebut diberi nama Spray Silvero, dengan menawarkan tagline mudah, murah, dan efisien. Penggunaannya mudah, cukup menyemprotkan Spray Silvero pada helm sebanyak tiga kali. Aktivitas antibakteri dan antijamur pada semprotan Spray Silvero dapat bertahan selama kurang lebih 24 jam.

Spray Silvero juga menawarkan berbagai varian bau, seperti wangi bunga lavender, lily, gardenia, dan rose. Spray Silvero juga menawarkan varian natural, tanpa adanya penambahan minyak atsiri.

Produk tersebut ditawarkan dalam kemasan ekonomis dan kemasan refill. Kemasan ekonomis terdapat dua macam varian, masing masing disajikan dalam 50 ml berupa varian tiga kali semprot dan varian satu kali semprot. Bedanya terletak pada jumlah konsentrasi nanosilver yang ada pada larutan tersebut.

Sedangkan kemasan refill disajikan dalam botol besar ukuran 1 liter, sehingga konsumen dapat menggunakan botol Spray Silvero kembali. Sehingga jumlah limbah botol spray yang ditimbulkan dapat diminimalisiasi, serta harga yang didapat menjadi lebih murah.

"Inovasi yang kami tawarkan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pengguna sepeda motor terhadap kesehatan helm dan memudahkan pengguna sepeda motor dalam perawatan helm," pungkas mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement