7 Jumadil Akhir 1442

Masjid-Masjid Terkenal di Prancis

Jumat , 27 Nov 2020, 17:45 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Agung Paris
Masjid Agung Paris

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Islam adalah agama kedua terbesar di Prancis. Ini yang membuat terdapat sejumlah masjid yang tersebar di seluruh penjuru Prancis. Menurut Dalil Boubakeur, Presiden Dewan Kepercayaan Muslim Prancis (CFCM), Prancis memiliki lebih dari 2.300 masjid. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir About Islam, Jumat (27/11) :

1. Masjid Agung Paris atau Grande Mosquée de Paris

Didirikan pada tahun 1926 sebagai tanda terima kasih kepada tentara Muslim setelah Perang Dunia I, masjid ini lebih dikenal dengan nama The Paris Mosque atau The Great Mosque of Paris. Terletak di Paris, Masjid Agung Paris adalah salah satu tempat ibadah Muslim terbesar di negara ini. Masjid ini mengikuti gaya mudéjar dan memiliki menara setinggi 33 meter.

2. Masjid Agung Lyon atau Grande mosquée de Lyon

Masjid Agung Lyon adalah masjid terbesar keenam di Prancis yang diresmikan pada September 1994. Secara historis, Raja Fahd dari Arab Saudi dan negara Muslim lainnya mendanai masjid tersebut. Selain itu, masjid tersebut memiliki asosiasi sertifikasi halal yang disebut ARGML, asosiasi sertifikasi halal paling andal di negara tersebut.

3. Masjid Agung Évry atau Grande Mosquée d’Évry

Masjid Agung Évry dibangun pada 1980-an yang memiliki pusat budaya terkait dengan bangunannya. Untuk lokasinya, terletak di `Evry, Paris. Masjid ini dibuka sepuluh tahun setelah pembangunannya pada 1995.

4. Masjid Al Fath

Terletak di Hem, masjid ini dibangun pada tahun 1984. Enam anggota dewan mengatur masjid Al Fath, termasuk enam anggota yang bekerja untuk mencerminkan wajah Islam yang sebenarnya.

5. Mosquée Sounna de Besanço

Dibangun pada akhir tahun 1990-an, masjid ini juga bernama Masjid Sunnah. Masjid yang terletak di kawasan Saint-Claude ini memiliki menara masjid.

 

widget->kurs();?>