Jumat 27 Nov 2020 19:12 WIB

Covid Melonjak, Ruang Isolasi RSUD Temanggung Hampir Penuh

Kini hanya tersisa enam kamar untuk menampung pasien Covid-19.

Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.
Foto: AP
Pekerja medis mengecek kondisi pasien virus corona, ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Ruang isolasi pasien Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Temanggung hampir penuh. Ruang isolasi penuh menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Direktur RSUD Temanggung Tetty Kurniawati di Temanggung, Jumat, menyebutkan kapasitas ruang isolasi pasien COVID-19 di RSUD Temanggung 60 kamar. Saat ini telah terisi 54 pasien sehingga tinggal enam pasien yang bisa ditampung.

Dia mengatakan dalam satu hari rata-rata 3-4 warga yang antre dan terkadang terpaksa diarahkan untuk isolasi mandiri. "Enam kamar yang masih tersedia tersebut terbagi untuk dewasa, ibu hamil, atau anak-anak, sehingga harus selektif untuk menerima pasien," katanya.

Ia mengatakan ada kriteria tertentu bagi warga yang dapat dirawat di RSUD Temanggung. Di antaranya bergejala baik ringan, sedang maupun berat, serta ada ketersediaan ruangan.

 

"Jika ruangan penuh terpaksa warga diminta untuk menjalani isolasi mandiri atau berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk isolasi di tempat karantina yang disediakan Pemkab Temanggung," katanya.

Dia mengatakan dalam beberapa minggu terakhir ruang isolasi di RSUD Temanggung cenderung penuh, tidak hanya penuh tetapi juga ada antrean di IGD. "Memang kasusnya melonjak sehingga tidak bisa menampung semua yang datang untuk pasien, baik itu suspect Covid maupun yang sudah 'confirm'," katanya.

Ia menyampaikan peningkatan pasien COVID-19 hingga angka 50 ini sudah terjadi sejak awal November 2020. Bahkan tanda-tandanya sudah mulai terlihat sejak akhir Oktober 2020 hampir terjadi di semua daerah di Indonesia.

Menurut dia, peningkatan kasus Covid-19 karena beberapa faktor. Di antaranya seperti aktivitas masyarakat sudah seperti biasa lagi.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kabupaten Temanggung saat ini jumlah terkonfirmasi total mencapai 1.401 orang. Jumlah terkonfirmasi positif terbaru 379 orang, terdiri atas 300 orang tanpa gejala, 79 orang dengan gejala. Adapun jumlah korban meninggal akibat Covid-19 mencapai 62 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement