Jumat 27 Nov 2020 20:18 WIB

Butuh 100 Tahun untuk Buka Masjid di Kota Ini.. Lalu Pandemi

Sehari setelah sholat Jumat pertama masjid, Yunani kembali lockdown.

Masjid resmi pertama di Athena, Ibu Kota Yunani yang membutuhkan waktu sekitar 14 tahun untuk dibangun akan diresmikan pada Oktober 2020.
Foto: Public Radio of Armenia
Masjid resmi pertama di Athena, Ibu Kota Yunani yang membutuhkan waktu sekitar 14 tahun untuk dibangun akan diresmikan pada Oktober 2020.

IHRAM.CO.ID,ATHENA -- Athena, ibu kota Yunani, tidak memiliki tempat ibadah Muslim yang berdedikasi dan dibangun khusus sejak pengusiran pasukan Ottoman pada tahun 1833, sebuah celah yang telah lama dicari oleh para pejabat untuk diisi.

Masjid yang membutuhkan waktu lebih dari satu abad untuk dibuka, selamat dari tantangan hukum, politik, dan keuangan, telah ditutup dalam waktu kurang dari seminggu, menjadi korban sementara pandemi virus corona.

Dilansir dari Nigerian Tribun, Jumat (27/11), tindakan pertama Parlemen yang bertujuan untuk membuka masjid dilakukan pada tahun 1890, upaya yang semakin intensif dalam beberapa dekade terakhir seiring dengan pertumbuhan komunitas Muslim, sekarang beribadah di lusinan tempat sementara yang tidak diizinkan seperti ruang bawah tanah, garasi, dan tempat parkir.

Dalam menghadapi keberatan dari Gereja Ortodoks yang kuat dan dari nasionalis yang mengasosiasikan Islam dengan pendudukan asing, rencana berulang kali tidak menghasilkan apa-apa selama bertahun-tahun, meninggalkan Athena sebagai satu-satunya ibu kota Uni Eropa tanpa tempat ibadah yang dibangun khusus untuk umat Islam.

Tetapi pada tahun 2006, Parlemen menyetujui pembangunan masjid yang sepenuhnya dikelola negara dan didanai negara di Athena (satu-satunya pengaturan semacam itu di Uni Eropa), kata para pejabat Yunani. Pembukaan, yang awalnya dijadwalkan pada tahun 2010, akhirnya tiba awal bulan ini setelah proyek tersebut mengatasi segunung birokrasi dan tantangan hukum.

Namun, dengan lonjakan virus corona, pembatasan segera membatasi bangunan yang dirancang untuk sekitar 350 jamaah menjadi hanya 13 jemaah pada satu waktu. Kemudian, sehari setelah sholat Jumat pertama masjid, Yunani kembali ke kuncian nasional, memaksanya untuk ditutup sepenuhnya untuk saat ini.

Penutupan itu meningkatkan perasaan pahit manis yang sudah dimiliki banyak Muslim tentang masjid yang didanai negara - sebuah bangunan jongkok, putih pudar, mencolok bebas dari menara, didirikan di bekas pangkalan angkatan laut yang luas di sebuah distrik industri dekat pusat kota Athena. Lahannya seluas 4,2 hektar mencakup taman dengan air mancur dan taman bermain.

“Perasaan saya terpecah menjadi dua. Di satu sisi, saya merasakan kelegaan dan kebahagiaan yang luar biasa; akhirnya kami memiliki masjid tempat kami dapat sholat, " kata Mohammed Zaki, imam masjid berusia 55 tahun, di halaman sebelum azan sore pada hari penguncian baru diumumkan.

Tetapi kegembiraannya, katanya, diimbangi oleh pembatasan terkait Covid dan fakta bahwa lusinan masjid darurat di ibu kota sekarang kemungkinan akan ditutup.

 

Sumber: Nigerian Tribun/New York Times

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement