Sabtu 28 Nov 2020 14:12 WIB

Ukiran Alquran Memenuhi Dinding Kayu Masjid Tertua di China

Masjid Agung Xi'an dibangun dari kayu dan dihiasi ayat Alquran di dindingnya

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Masjid Agung Xian, Cina.
Foto: Wikipedia
Masjid Agung Xian, Cina.

IHRAM.CO.ID, BEIJING -- Dalam perjalanan khusus ke salah satu peradaban paling bersejarah dan kuno di dunia, Sheikh Yasir Qadhi, seorang cendekiawan Muslim Amerika terkemuka, mengunjungi Masjid Agung Xi'an, yang dikenal sebagai masjid terbesar dan tertua di China.

Dalam video YouTube yang dibagikan di laman Dr. Qadhi, dia melihat-lihat tempat ibadah yang aktif itu di Xi'an Muslim Quarter. Kompleks halaman masjid ini juga merupakan tempat wisata yang populer karena mayoritas masjid dibangun pada awal Dinasti Ming. Masjid ini dibangun sepenuhnya dari kayu.

Namun, salah satu hal yang paling menakjubkan yang membuat masjid ini unik di seluruh dunia ialah karena seluruh ayat Alquran diukir di dinding kayunya bersama dengan terjemahan Mandarin.

Dilansir di laman About Islam, Sabtu (28/11), masjid ini memiliki 30 panel (permukaan dinding) dan setiap panelnya memiliki satu 'para' atau 'juz' Alquran yang tertulis di atasnya. Sementara itu, ada terjemahan bahasa Mandarin di bawah setiap panel.

Masjid berusia 700 tahun itu kini menampung lebih dari 20 bangunan di lima halamannya, dan mencakup lahan seluas 12.000 meter persegi. Muslim China telah berada di negara itu selama 1.400 tahun terakhir dalam interaksi berkelanjutan dengan masyarakat China.

Muslim adalah kelompok minoritas di China. Menurut perkiraan terbaru, Muslim mewakili antara 0,45 persen hingga 2,8 persen dari total populasi China.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement