Ahad 29 Nov 2020 09:55 WIB

Pria Afrika Selatan ke Masjidil Aqsa Berlajan Kaki

Berjalan kaki dari Afrika Selatan ke Masjidil Aqsa

Rep: Zahrotul Oktaviani/Meiliza Laveda/ Red: Muhammad Subarkah
Shahid Bin Yusef Takala, a South African university lecturer, has walked from Cape Town to Jerusalem’s Al-Aqsa Mosque, 26 November 2020
Foto: [AbdalhakimWadi/Twitter]
Shahid Bin Yusef Takala, a South African university lecturer, has walked from Cape Town to Jerusalem’s Al-Aqsa Mosque, 26 November 2020

IHRAM.CO.ID, YERUSALEM -- Seorang mantan dosen Universitas Afrika Selatan, Shahid Bin Yusef Takala, berjalan kaki dari Cape Town ke Masjid Al-Aqsa Yerusalem. Rencananya, ia akan melanjutkan perjalanan ke Madinah dan Makkah di Arab Saudi, dengan cara yang sama.

Takala diketahui tiba di Masjid Al-Aqsa pada Februari dan berangkat dari Cape Town pada 15 Agustus 2018. Ia melakukan perjalanan melalui Zimbabwe, Zambia, Tanzania, Kenya, Ethiopia, Sudan dan Mesir sebelum mencapai Gaza.

Dilansir di Middle East Monitor, Ahad (29/11), Dia berusaha melanjutkan perjalanan menuju Yerusalem melalui Gaza. Namun, kependudukan Israel mencegah langkahnya. Hasilnya, ia harus kembali berjalan ke Mesir dan melalui Sinai dan Yordania untuk sampai di Yerusalem.

Takala tidak dapat meninggalkan Masjid Al-Aqsa karena wabah Covid-19, Meski demikian, ia menggambarkan pengalamannya ini sebagai "berkah besar". Keberadaan wabah ini membuat ia tidak bisa meninggalkan tempat tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam.

 

“Alhamdulillah, saya mendapat kesempatan melaksanakan shalat lima waktu di Masjid Al-Aqsa yang diberkahi setiap hari. Saya merasa ini suatu kehormatan dari Allah SWT dan merupakan keistimewaan bagi saya menunaikan shalat lima waktu dari subuh hingga malam di Al-Aqsa,” kata dia.

Mantan dosen di Universitas Afrika Selatan itu lantas memiliki rencana menulis buku berjudul Perjuangan Semangatku. Di buku tersebut, ia berencana akan mendokumentasikan perjalanannya.

Setelah meninggalkan Masjid Al-Aqsa, ia berniat berjalan kaki ke Arab Saudi untuk mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, kota tersuci kedua bagi umat Islam,. Setelahnya, ia akan menunaikan ibadah haji di Makkah. 

https://www.middleeastmonitor.com/20201128-south-africa-man-travels-from-cape-town-to-al-aqsa-mosque-on-foot/

 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement