1 Syawwal 1442

Masjid Kobe, Tetap Kukuh Berdiri Saat Jepang Dibom Musuh

Senin , 30 Nov 2020, 04:57 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Ani Nursalikah
Masjid Kobe, Tetap Kukuh Berdiri Saat Jepang Dibom Musuh. Masjid Kobe di Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kota Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang.
Foto : Jepang.panduanwisata.com
Masjid Kobe, Tetap Kukuh Berdiri Saat Jepang Dibom Musuh. Masjid Kobe di Nakayamate Dori, Chuo-ku, Kota Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang.

IHRAM.CO.ID, KOBE -- Ketika pesawat tempur Amerika Serikat (AS) mengebom kota Kobe, Jepang pada 1945 selama Perang Dunia II, banyak penduduk mencari perlindungan. Mereka berlindung di lokasi yang tidak terduga, Masjid Kobe, tempat ibadah umat Muslim tertua di Jepang.

Sejumlah buku Jepang mencatat paling awal tentang Islam di Jepang berasal dari tahun 1700-an. Namun, baru pada abad ke-19, kontak diplomatik yang tepat antara Muslim dan Jepang terjadi.

Sultan Ottoman, Abdulhamid II mengirim fregat dari Angkatan Laut Ottoman Ertugrul ke Jepang pada 1889. Setelah kembali, badai dahsyat menghancurkan kapal dan tenggelam di lepas pantai Prefektur Wakayama yang menewaskan ratusan penumpang.

Hanya 96 awak kapal yang selamat dari bangkai kapal dan dibawa ke Kobe sebelum mereka dikirim kembali ke Istanbul dengan menggunakan dua korvet Jepang. Tragedi tersebut yang masih dikenang hingga saat ini, mengumpulkan simpati Jepang terhadap Turki dan menjadi alasan dasar persahabatan antara Turki dan Jepang.

Baca Juga

Pada 1930-an, para migran dan pengungsi Muslim Tatar yang melarikan diri dari Revolusi Rusia selama Perang Dunia I menjadi kelompok etnis Muslim terbesar dan mendirikan Masjid Tokyo, Jepang pada 1938. Sayangnya, masjid itu dibongkar. Lalu dibangun kembali di bawah arahan dan dukungan Turki.

Masjid Tokyo bukanlah masjid yang pertama kali dibangun di Jepang. Tempat ibadah Muslim pertama yang tercatat di negara itu sebenarnya dibangun di Prefektur Osaka pada  1905 untuk tentara Muslim yang melarikan diri dari penahanan Rusia selama perang Rusia-Jepang. Namun, strukturnya tidak bertahan.

Masjid lain didirikan pada 1931 di Nagoya, tetapi terbakar selama Perang Dunia II dan tidak ada masjid lain di Nagoya selama lebih dari 50 tahun. Masjid pertama yang dibangun di Jepang yang masih berfungsi hingga saat ini adalah Masjid Kobe.