Senin 30 Nov 2020 05:30 WIB

4 Amalan yang Bisa Selamatkan Manusia dari Siksa Kubur

Setiap umat Muslim tentu berharap bisa terhindar dari siksa kubur

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Elba Damhuri
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Setiap umat Muslim tentu berharap bisa terhindar dari siksa kubur yang pedih. Setidaknya ada empat amalan yang dapat menyelamatkan Muslim dari siksa kubur. 

Keempat amalan ini diungkapkan Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang disiarkan melalui kanal Youtube Islam Terkini. Berikut ini adalah keempat amalan tersebut:  

Baca Juga

Beriman Kepada Allah SWT 

Satu hal yang tak bisa dilupakan bila seorang Muslim ingin terhindar dari siksa kubur adalah beriman kepada Allah SWT. Tentu hal ini juga mencakup mematuhi syariat-Nya serta mengikuti Rasulullah SAW dan para sahabat. 

 

Ada beberapa riwayat yang menyampaikan hal ini. Salah satu riwayat menyebutkan bahwa orang-orang yang beriman akan dilapangkan kuburannya seluas pandangan mata.

"Berarti beriman dan bertauhid kepada Allah dan beramal sholeh termasuk sumber pertama penyelamat," jelas Ustadz Khalid.

Rutin membaca surat Al-Mulk 

Ada beberapa riwayat yang menunjukkan keutamaan surat Al-Mulk. Riwayat-riwayat ini menyatakan bahwa surat Al-Mulk dapat menolong pembacanya dari api neraka. 

Dalam riwayat An-Nasa'i disebutkan bahwa orang-orang yang membaca tabarakalladzi biyadihil mulku (Surat Al-Mulk) setiap malam akan terhalangi dari azab kubur: سورة تبارك هي المانعة من عذاب القبر  

Oleh karena itu, Ustadz Khalid mengajak umat Muslim untuk menghafal surat ini. "Dan kata ulama, boleh juga dicicil dia bacanya," timpal Ustaz Khalid.

Sebagai contoh, 10 ayat pertama dari surat Al-Mulk dibaca saat sholat qabliyah Zuhur. Setelah itu 10 ayat kedua dan ketiga misalnya dibaca saat sholat Ashar dan Maghrib. "Lengkap sampai 30 ayat di akhir malam sudah cukup menyelamatkan kita dari siksa kubur itu sendiri," ujar Ustadz Khalid.

Mengamalkan isi Alquran 

Ustadz Khalid mengatakan salah satu penyebab siksa kubur adalah tidak mengamalkan isi Alquran. Oleh karena itu, hal sebaliknya, yaitu mengamalkan isi Alquran, dapat membantu umat Muslim selamat dari siksa kubur.  

Selalu berdoa 

Hal lain yang dapat menyelamatkan umat Muslim dari siksa kubur adalah berdoa dan berlindung dari siksa kubur itu sendiri. Doa untuk berlindung dari siksa kubur bisa dibaca sebelum melakukan salam saat menunaikan sholat. "Dibaca setelah kita mengucapkan innaka hamidun majid," papar Ustaz Khalid.

Ustadz Khalid mengatakan ada dua jenis doa yang mirip yang bisa dibaca sebelum salam. Meski sedikit berbeda, kedua doa ini memiliki makna yang mirip yaitu memohon perlindungan dari siksa kubur. Berikut ini adalah salah satu doa di antaranya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذَ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ومن عذاب النار،  وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا الْمَمَاتِ وَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَالِ Allohumma inni a'udzu bika mina 'adzabil qabri wa min 'adzabin nari wa min fitnatil mahya wal mamati wa min fitnatil masihid dajjal.

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa kubur dan siksa api neraka, dan fitnah mereka yang hidup dan fintah mereka yang mati, serta fitnah Masih dan Dajjal. 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement