Senin 30 Nov 2020 12:49 WIB

Keutamaan Naik Haji Jalan Kaki

Keutamaan Naik Haji Jalan Kaki.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Keutamaan Naik Haji Jalan Kaki. Foto ilustrasi:  Farid Feyadi (40 tahun) seorang muslim Inggris menempuh jarak ribuan mil untuk mencapai Makkah dari London dengan berjalan kaki untuk menunaikan ibadah haji.
Foto: Anadolu Agency
Keutamaan Naik Haji Jalan Kaki. Foto ilustrasi: Farid Feyadi (40 tahun) seorang muslim Inggris menempuh jarak ribuan mil untuk mencapai Makkah dari London dengan berjalan kaki untuk menunaikan ibadah haji.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Ibnu Abbas radhiallahu anhuma merupakan sahabat Nabi Muhammad satu-satunya yang berwasiat kepada anak-anaknya agar ibadah haji dengan berjalan kaki. Banyak fadhilah yang didapat bagi jamaah haji yang barjalan kaki.

Dalam sebuah riwayat seperti ditulis Syekh Maulana Muhammad Zakariyya Al Kandahlawi dalam kitabnya Fadilah Haji, bahwa ketika Ibnu Abbas radhiallahu anhuma berwasiat kepada putra-putranya agar pergi haji dengan berjalan kaki. Maka putranya bertanya.

Baca Juga

"Dari mana kita mulai berjalan kaki?"

Ia menjawab, "Ketika hendak berangkat dari Makkah mulailah berjalan kaki."

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma bahwa barangsiapa yang berjalan kaki dari Mina sampai Arafah ia akan mendapatkan seratus ribu Hasanah tanah haram. 

Diriwayatkan dari Syaikh Ali bin Syuabi rah.a bahwa Ia melakukan ibadah haji dengan berjalan kaki dari Nisapur lebih dari enam puluh kali. Dan diriwayatkan dari Syeikh Mughairah Al Hakim rah.a  bahwa ia berhaji dengan berjalan kaki dari Makkah Mukarramah lebih dari 50 kali.

Juga diriwayatkan dari Syaikh Abdul Abbas rah.a, bahwa ia menunaikan ibadah haji 80 kali dengan berjalan kaki. Dan Syekh Abdullah Maghribi pergi berhaji 97 kali dengan berjalan kaki.

"Tidak dapat dibayangkan berapa banyak pahala mereka itu karena mereka mendapatkan 70 juta kebaikan di setiap langkahnya," kata Syekh Maulana Muhammad Zakariyya.

Untuk itu Syekh Maulama Zakariyya menyarankan kepada orang-orang yang masih muda dan orang-orang yang mampu berjalan kaki maka berangkat ibadah haji dengan cara berjalan kaki. Kerena pahalanya sangat banyak yang setiap langkahnya akan mendapatkan pahala 70 juta kebaikan.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement