Selasa 01 Dec 2020 00:46 WIB

Terorisme Meningkat, Ini Perintah Jokowi ke TNI-Polri

Tindakan biadab yang dilakukan teroris bertujuan menciptakan provokasi dan teror.

Rep:  Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Presiden Jokowi.
Foto: Biro Pers Media Informasi Sekretariat Preside
Presiden Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara khusus meminta Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk meningkatkan kewaspadaan seluruh personelnya. Permintaan presiden ini merespons aksi terorisme di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah yang menyebabkan empat orang terbunuh. 

"Saya juga telah memerintahkan kepada Kapolri dan Panglima TNI untuk meningkatkan kewaspadaan. Sekali lagi, saya tegaskan bahwa tidak ada tempat di Tanah Air kita ini bagi terorisme," kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Senin, (30/11). 

Presiden Jokowi memandang tindakan biadab yang dilakukan oleh teroris bertujuan menciptakan provokasi dan teror di tengah masyarakat. Tujuan akhirnya, ujar Jokowi, merusak persatuan dan kerukunan di antara warga bangsa. 

Karenanya, presiden meminta masyarakat tetap tenang dan menjaga persatuan demi menghindari provokasi yang dilancarkan oleh teroris. Kendati begitu, Jokowi juga mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan bersatu melawan terorisme. 

Sebelumnya diketahui, satu keluarga yang terdiri dari empat orang di Dusun Lepanu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah tewas dibunuh diduga dari kelompok teroris. Keempat korban yang dibunuh adalah Yasa alias Yata sebagai kepala rumah tangga, Pinu, Nata alias Papa Jana alias Naka dan Pedi.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Inspektur Jenderal Abdul Rakhman Baso menduga, delapan orang anggota kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso pimpinan Ali Kalora sebagai pelaku kekerasan di Sigi. Dugaan terhadap delapan orang DPO atau buron itu berdasarkan keterangan saksi yang melihat langsung saat kejadian. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement