4 Jumadil Akhir 1442

Tak Hanya Indonesia, Demam Bersepeda Juga Landa Arab Saudi 

Selasa , 01 Dec 2020, 05:31 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Olah raga sepeda tengah populer di kalangan warga Arab Saudi. Bersepeda (ilustrasi).
Olah raga sepeda tengah populer di kalangan warga Arab Saudi. Bersepeda (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Saat ini kegiatan olah raga sangat populer di Arab Saudi. Warga Saudi terus mencari cara menarik untuk bergerak. Populasi perempuan menikmati peluang yang telah tersedia bagi mereka dalam beberapa tahun terakhir untuk menjalani gaya hidup sehat.

Olah raga seperti mendaki, yoga, dan sepak bola merupakan pilihan yang paling banyak diminati. Namun, ada satu olahraga yang sedang meningkat populeritasnya, yaitu bersepeda. Acara seperti balap sepeda tahunan Saudi Tour dan General Sports Authority yang sangat sukses bagi semua wanita Jeddah pada 2018 lalu  telah menumbuhkan minat pada olahraga tersebut.

Penelitian telah menunjukkan bersepeda meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, khususnya meningkatkan kesehatan mental, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mendorong penurunan berat badan, dan mengurangi penyakit jantung dan kanker. Bersepeda dapat menjadi salah satu cara termudah untuk membuat badan kembali bugar dari cedera atau penyakit.

Sekelompok penggemar sepeda dari Riyadh berniat untuk menyebarkan berita dan membuat orang lebih sadar akan manfaat dari bersepeda dan kegembiraan yang bisa didapat.

Baca Juga

Doves Ride adalah tim bersepeda profesional pertama Arab Saudi dengan lisensi lokal dan internasional. Pendiri Doves Ride sekaligus Pelatih sSepeda Profesional, Shahd Alturki mengatakan tentang alasan dia membentuk tim.

“Saya mendirikan Doves Ride untuk menciptakan lingkungan bagi wanita dan keluarga tempat mereka bisa berolahraga,” kata Alturki, dilansir Arab News, Selasa (1/12).

Doves Ride yang berbasis di Riyadh, bertujuan untuk menciptakan lingkungan bagi warga Saudi sehingga dapat menemukan sesama pecinta olahraga bersepeda.

“Idenya adalah untuk membuat tim yang akan memotivasi masyarakat Saudi untuk mulai bersepeda dan untuk meningkatkan kesadaran secara umum tentang olah raga dan gerakan. Kami juga ingin membantu mengajari orang Saudi bersepeda dengan membuat program untuk mengajar orang-orang di semua kategori,” ujar dia.

Doves Ride mengatur perjalanan untuk semua tingkatan, mulai dari jalur landai yang cocok untuk pemula hingga rute yang lebih menantang untuk pesepeda tangguh.

“Kami menyambut peserta di tingkat mana pun, apakah mereka mencari keanggotaan jangka panjang atau hanya untuk mencobanya,” kata dia.

Dia juga menjelaskan tentang manfaat olahraga dan berharap dapat mendorong orang untuk mencobanya sendiri. Menurutnya, bersepeda lebih dari sekadar olah raga yang menyenangkan. Sebab, banyak manfaat yang dapat diperoleh.

Bagi mereka yang masih ragu untuk mulai bersepeda, Alturki meyakinkan mereka bahwa mereka akan dilatih dengan baik dan membawa mereka ke jalur bersepeda seperti seorang profesional.

“Kami memiliki pelajaran bersepeda untuk pelajar yang tidak memiliki pengalaman, dilisensi oleh Federasi Bersepeda Inggris. Anak-anak, pria, dan wanita semua dipersilakan. Pelajaran ini dapat membantu setiap pemula mengendarai sepeda dengan aman dan mengajarkan mereka semua keterampilan dan dasar yang diperlukan,” ucap dia. Doves Ride dapat dihubungi melalui akun Twitter atau Instagram yakni @dovesride.

https://www.arabnews.com/node/1770321/saudi-arabia

 

 

widget->kurs();?>