10 Jumadil Akhir 1442

Jam Antik di Benteng Saladin Mesir Diperbaiki

Selasa , 01 Dec 2020, 10:49 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Benteng Saladin di Kaior,Mesir.
Foto : google.com
Benteng Saladin di Kaior,Mesir.

KAIRO -- Kedutaan Besar Prancis di Kairo mengumumkan pada hari Senin bahwa Paris telah mengirim seorang ahli ke Mesir untuk memeriksa kemungkinan memperbaiki jam antik besar di Benteng Saladin, yang diberikan oleh Paris pada tahun 1845.

Dalam sebuah tweet, kedutaan  tersebutmengatakan: "Atas permintaan dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala, Prancis mengirim François Simon-Fustier, seorang ahli dalam pembuatan jam, untuk memperbaiki jam antik benteng."

Perlu dicatat bahwa jam itu tidak berfungsi sejak dipasang di menara benteng pada tahun 1845. Jam itu dipersembahkan oleh Raja Prancis Louis Philippe kepada Raja Mesir Mohammed Ali yang memberikan obelisk Ramses II, yang menghiasi Lapangan Concorde di ibukota Prancis, Paris.

Prancis kirim ahli perbaikan jam ke Mesir.

Keterangan foto: Ahli jam antik Prancis perbaiki jam di benteng Saladin di Kairo, Mesir.

Seperti dilansir see.news, Sekretaris Jendral Dewan Purbakala Tertinggi Mesir, Mostafa Waziri, mengatakan ada tiga upaa untuk memperbaiki jam tersebut. Perbaikan yang terakhir sebenarnya pernah dilakukan pada masa pemerintahan Raja Farouk. Namun semenjak perbaikan itu jam kembali tidak berfungsi seperti sejak kedatangannya di Mesir.