Selasa 01 Dec 2020 13:16 WIB

PIP Semarang Lantik 100 Wisudawan Diklat Pelaut

Para lulusan akan menghadapi tantangan dan harus mampu menyelesaikan masalah rumit.

Direktur PIP Semarang, Capt. Mashudi Rofik menyempatkan medali pada lulusan terbaik PIP Semarang.
Foto: Istimewa
Direktur PIP Semarang, Capt. Mashudi Rofik menyempatkan medali pada lulusan terbaik PIP Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebagai salah satu perwujudan dari usaha Pemerintah mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM), maka Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, yang merupakan bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan, terus melahirkan para tenaga handal khususnya di bidang transportasi laut. Hal ini seperti yang dilakukan belum lama ini dengan melantik 100 Wisudawan diklat pelaut.

Direktur PIP Semarang, Capt. Mashudi Rofik mengatakan, bahwa sejalan dengan amanah dari Presiden RI Joko Widodo untuk terus mendorong pembangunan SDM demi mewujudkan SDM yang unggul. Karena itu, pada wisuda kali ini, pihaknya mengusung tema “Lulusan PIP Semarang Siap Berperan Aktif Dalam Pelaksanaan Keselamatan, Keamanan, dan Pelayanan Transportasi Laut Baik Nasional Maupun Global”.

photo
PIP Semarang lantik 100 wisudawan diklat pelaut. - (Istimewa)

"Kami bersyukur kali ini telah melahirkan 100 lulusan terbaik untuk dunia transportasi laut untuk dapat bekerja di dalam dan luar negeri. Para lulusan itu terdiri dari Wisuda Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Pelaut Tk. III Pembentukan berjumlah 7 Wisudawan  dan Penutupan Diklat Pelaut Tk. III, Tk. IV & Tk. V Peningkatan berjumlah 93 Wisudawan yang ada di kampus tercinta PIP Semarang," kata Capt. Mashudi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Selasa (1/12).

Dalam sambutannya, dia berpesan kepada wisudawan bahwa saat dunia kerja seperti di kapal/perusahaan, maka mereka akan menghadapi tantangan yang ada dan harus mampu menyelesaikan masalah yang rumit/kompleks tersebut. Untuk itu, hendaknya lulusan terus berkembang dan mengasah kemampuan yang dimiliki untuk menjadi manusia yang prima, profesional dan beretika, tiga hal yang diperlukan sebagai modal dasar. 

Capt. Mashudi juga mengatakan, kalau saat ini sektor transportasi telah berkembang pesat dan sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu fokus untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur demi menciptakan pemerataan ekonomi. Banyak manfaat yang didapat pada pembangunan di sektor transportasi laut contohnya dalam pembangunan Pelabuhan di daerah-daerah.

“Di manapun pilihan kalian dalam bekerja, mau itu di kapal/ perusahaan asing maupun nasional, semua menjadi pilihan yang sama-sama terhormat, selama anda menjunjung tinggi profesionalisme dan bertanggung jawab agar dapat mewujudkan pelayaran yang aman dan selamat, bertujuan akhir zero accident.” pesannya.

Revolusi Industri

Capt. Mashudi juga mengatakan, bahwa saat ini kita memasuki era Revolusi Industri 4.0. dimana teknologi seperti kecerdasan buatan dan kemajuan internet sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Dengan pesatnya teknologi informasi pada saat ini, diharapkan para lulusan dari PIP Semarang terus dapat menyesuaikan kondisi terkini terutama agar dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan diri.

"Revolusi industri 4.0. harus kita hadapi dengan mengembangkan potensi yang ada dengan begitu akan terbuka peluang yang semakin luas bagi anak bangsa untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement